Socialize

Pelantikan PD PII Gane Raya, Maluku Utara



Harianindonesiapost.com Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PII), Maluku Utara,  melantik Pengurus Daerah Pelajar Islam Indonesia, Gane Raya, periode 2021-2022. Pelantikan dilangsungkan di Aula Kantor Camat Kecamatan Gane Timur, Halmahera Selatan, pada Sabtu, 6-2-2021, pukul 09:00 WIT. 

Institusi PII di tingkat daerah yang baru pertama kali dibuka di Wilayah Gane Raya ini dilantik langsung oleh Ketua Umum Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia Maluku Utara, Sadam Hardi. Pelantikan ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan PW PII Malut dilanjutkan dengan pembacaan sumpah jabatan serta penandatanganan berita acara.

Dalam sambutan Ketua Umum Pengurus Wilayah PII Maluku Utara, Sadam Hardi, menyampaikan rasa syukur yang sangat mendalam karena salah satu misi PW PII Malut di periode ini yakni membuka pengurus di tingkat daerah bisa terwujud, meski di tengah situasi kebangsaan yang sangat sulit pada tahun ini, namum PW PII Malut dapat memasuki di wilayah Gane Raya dan dapat membuka daerah baru padahal diakui daerah ini berada pada kategori jarak yang sangat jauh dari jangkauan PW PII Malut dari Kota Ternate. 

"Ini semua berkat semangat, komitmen dan antusia teman-teman Pengurus Wilayah dan terutama antusias dan keinginan yang kuat dari salah satu alumni PII di Gane Timur yakni Kanda Murad", katanya.

Lanjutnya, Sadam menjelaskan bahwa kenapa PW PII Malut membuka PD PII Gane Raya sebagai daerah baru padahal wilayah Gane masih masuk dalam daerah administrasi Halmahera Selatan, ini dikarenakan alasan pertimbangan letak geografis dan rentang kendali antar daratan Gane Raya dan Ibu Kota Halmahera Selatan cukup jauh serta akses yang masih sulit. Perlu diakui, zona Gane Raya memiliki tujuh Kecamatan dan di tujuh kecamatan memiliki desa yang cukup banyak serta memiliki jarak antar desa cukup jauh dan melewati hutan. Oleh sebab itu, perlu ada langkah taktis dalam membuka satu daerah baru guna mempermudah keefektifan dan efesiensi gerakan dakwah pengurus di tujuh kecamatan daratan Gane Raya tanpa harus bergantung lagi ke Halmahera Selatan. Sadam sedikit mengurai sejarah ekspansi dakwah PII pada mulanya di Maluku Utara. Dahulu, setelah PB PII membentuk Pengurus Wilayah PII Maluku yang beribukota di Ambon, Maluku Utara pun dibentuklah beberapa pengurus daerah  dan hampir semua kepulauan di Maluku Utara PII telah masuk dan dibentuklah pengurus. Dari situlah, meski Maluku Utara belum dimekarkan menjadi provinsi tersendiri, atas dasar usulan dari beberpa pengurus daerah PII di Maluku Utara dengan alasan rentang kendali Maluku Utara dan Maluku yang jauh maka perlu dibuka pengurus wilayah guna mempermudah kinerja organisasi, maka dibukalah PW PII Maluku Utara supaya bisa berdiri sendiri tanpa bergantung lagi dengan PW PII Maluku. 

Di akhir sambutannya beliu berkomitmen dengan segala keterbatasan di akhir periodenya akan menjadikan Gane Timur sebagai gerakan pembaharuan bagi PW PII Maluku Utara dan berharap daratan Gane Raya merupakan embrio yang nanti terlahir kader-kader yang terbaik dan komitmen dalam mendorong terciptanya kemajuan besar PII Maluku Utara yang dimulai dari daratan Halmahera sebagai induk Maluku Utara. Meski demikian, semua pengurus daerah laiannya seperti PD PII Kota Ternate yang sejauh ini menjadi lokomotif pergerakan PII Maluku Utara diharapkan tetap menjadi atmosver besar kebangkitan Pelajar Islam Indonesia di Moloku Kie Raha. Semua PD PII seperti PD PII Kota Tidore Kepulauan, PD PII Sofifi, PD PII Kabupaten Halmahera Selatan dan PD PII Kota Ternate, harus berperan aktif di masing-masing daerah guna bersama-sama membangun PII di Maluku Utara kedepan lebih berkembang.

Sementara itu senada dengan apa yang disampaikan oleh Camat Gane Timur, Jais Hi. Ishak, beliu menyampaikan rasa syukur dan merasa bangga karena PII bisa masuk di Gane Timur dan mau bekerjasama dengan pemerintah setempat dalam upaya membina generasi muda di Gane Timur. Dalam sambutannya, ia sedikit bernostalgia tentang dirinya yang pernah mengikuti training PII di tahun 80-an di kota Ternate dan pernah dibubarkan. Oleh karena itu beliau merespon baik dan berkomitmen akan membuka ruang serta memfasilitasi secara pribadi terhadap usaha dakwah PII di Gane Timur serta berharap dengan kehadiran PW PII Maluku Utara dalam membuka Pengurus Daerah PII di daratan Gane Raya menjadi cikal bakal beberapa kecamatan di Gane harusnya kedepan bisa dimekarkan menjadi satu kabupaten untuk mempermudah masyarakat, harapanya. Di akhir sambutannya, orang nomor satu Gane Timur ini memberikan dukungan kepada PD PII Gane Raya dengan memberikan satu bangunan TPQ untuk dijadikan Sekretariat sementara PII Gane Raya dalam gerakan organisasi di Gane Raya, serta hal-hal lain yang menjadi kebutuhan beliau meminta agar dikordinasikan agar dapat dibantu.

Ketua Umum Pengurus Daerah PII Gane Raya Rujia Hi Tajudin dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan berjanji usai pelantikan beliau bersama teman-teman pengurus akan membuat training di seluruh sekolah yang berada di tujuh kecamatan guna membuka komisariat-komisariat di tiap-tiap sekolah. Di akhir sambutannya beliau meminta dukungan dari seluruh pihak terutama pemerintah guna kelancaran penerapan program-program yang akan dilaksanakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel