Makhluk Paling Kuat

K.H. Sartian al Waruiy


(Alumni Ponpes YTP, Kertosono)


Harianindonesiapost.com Ada 3 golongan yang pasti akan mendapat pertolongan dan pasti ditolong oleh Allah SWT.


1). Orang yang melakukan pernikahan demi menjauhi dan menghindari maksiat. Meskipun pada waktu itu kurang mampu. Pasti ditolong oleh Allah. Sebagaimana firman Allah:


  وانكحوا الايامي منكم والصالحين من عبادكم واماءكم ان يكونوا فقراء يغنهم الله من فضله والله واسع عليم  


2). Orang yang punya hutang, tetapi niat ikhlas karena Allah untuk menyahurinya.        


3). Orang yang membela agama Allah. Lantaran senang dan gemar bersodaqoh. 


Ada suatu kisah, seorang guru agama. Ekonomi rumah tangganya pas-pasan, kadang kurang. Dia hanya memiliki sepeda motor gak begitu bagus, namun selalu digunakan untuk mengajar. Suatu hari, Pak Guru tadi mendapat undangan di desanya. Mau membangun sebuah madjid. P. Guru datang. Musyawarah dimulai tetapi pintu ditutup. Akhirnya banyak yang nyumbang. Ada yang nyumbang uang 100 juta. Semen 100 zak, dll. 


Loh Pak Guru apa yang disumbangkan? Wong buat makan saja kadang-kadang kurang. Lalu Pak Guru pulang. Di rumah rundingan sama istrinya, "Dik, gimana kalau sepeda ini dijual untuk membantu pembangunan masjid." Istrinya menjawab, "Loh, buat pean mengajar gimana?" Tempat mengajarnya 10 km. Jawabnya Pak Guru, "Gampang, nanti saya nyetop angkutan, ojek, dll."


Akhirnya sepeda motor dijual laku 6 juta. diambil 2 juta untuk disumbangkan. diantarkan pak Guru, setelah itu pulang. Di tengah perjalanan ingat firman Allah __Wong namanya Guru agama, pasti hafal ayat__, 


لن تنالوا البر حتي تنفقوا مما تحبون


sampai di rumah, PAk Guru bilang, "Dik, uang sisa 4 juta tadi, ayo diserahkan juga untuk pembangunan masjid!" Lalu diserahkannya. Waktu menyerahkan p. Guru mintak sama kiyainya, "Yi mohon saya untuk didoakan agar saya bisa naik haji!" Setiap saya mendengarkan orang yang mau berangkat haji. Saya menangis. Akhirnya didoakan kiyainya,


(Allahumma budal!, Allahumma berangkat!)  اللهم بودال اللهم براغكات 


lalu pulang. Esok harinya Pak Guru mau mengajar, nyetop angkutan gak ada. Nyetop gojek gak ada, dll. Akhirnya Pak Guru berjalan kaki. 10 km jauhnya. Habis ngajar pulang. 


Hari ke-2 Pak Guru sudah tidak bisa mengajar, sakit disentri, alias mencret. 


Hari ke-3 mulai sembuh. Hari ke 4 dan seterusnya, sudah sembuh. Di depan rumahnya, ada sebuah Caffe, P. Guru ke situ. Makan jajan dan minum, banyak sekali. Lalu Pak Guru disuruh nungguin warungnya. Orang yang punya warung ada keperluan. Tiba-tiba ada bos yang mau mencari tanah buat perumahan. Tanyak sama Pak Guru, "Di sini ada tanah yang mau dijual Pak." Jawabnya Pak Guru. "Ada coba lihat tanah di sana." Akhirnya tanah dijual. Dan janjinya bos tadi. Kalau tanah tersebut dijual. Akan saya beri komisi orang yang menunjukannya. 


Pada suatu hari bos tadi mendatangi Pak Guru, mau memberi persenan. Akhirnya bos tadi memberi Pak Guru amplop, di dalamnya kertas ada tulisannya. Bos pulang. P. Guru membuka amplop dan kertasnya. Habis membuka Pak Guru bilang. "Katanya memberi persen, lah kok amplop dan kertas?" P. Guru gak ngerti, bahwa itu Cek. Wong namanya guru biyen, lawas, gak ngerti Cek. Lalu ditanyakan orang yang ngerti Cek. Akhirnya Pak Guru dibilangi, "Ini cek Pak, nanti pean tukarkan di bank dapat uang 67 juta." Kata Pak Guru, "Pisan iki alhmdulillah iso budal haji." 


Akhirnya Pak Guru budal haji 3 orang. Waktu itu ONH (Ogkos Naik Haji) 15 juta, budal 3  orang, jadi 45 juta. Lebihnya, 22 juta, dibelikan sepeda motor ninja baru. 


Dengan cerita ini, kita harus percaya. Bahwa orang yg memperjuangkan agama Allah, pasti ditolong oleh Allah.


من جاء بالحسنة فله عشر امثا لها.   


6 juta diganti oleh Allah 67 juta.


Dan orang yang senang dan gemar bersodaqoh, digolongkan makhluq Allah yang paling hebat dan kuat


لما خلق الله الارض وتحركت. فخلق الله الجبال فوضعها عليها فاستقرت. فتعجب.الملاءكة.فقالوا يارب هل من خلقك شيء اشد من الجبال. قال نعم. الحديد. فقالوا. هل من خلقك شيء اشد من الحديد. قال نعم. النار. فقالوا هل من خلقك شيء اشد من النار. قال نعم. الماء. فقالوا هل من خلقك شيءاشد من الماء. قال نعم. الريخ. فقالوا هل من خلقك شيءاشد من الريخ قال نعم. ابن ادم يتصدق بصدقة بيمينه يخفيها عن شماله فهو اشد منه.


(Allah menciptakan bumi dalam keadaan bergoncang yang sanget hebat. Maka ALLAH menciptakan gunung sebagai pasak, paku buminya bumi. Akhirnya bumi tenang tidak bergerak. Lalu malaikat-malaikat heran. Sambil bertanya, "Ya Rob. Apakah masih ada makhluk-Mu yang lebih keras dan hebat dibandingkan gunung?" Allah menjawab, "Ada malaikat, yaitu besi." Lalu Malaikat bertanya lagi, "Ya Robb. Apakah masih ada makhluk-Mu yang lebih keras dan kuat dibandingkan besi?" Allah menjawab, "Ada, yaitu api." Lalu malaikat bertsnya lagi, "Ya Robb, Apakakah masih ada makhluk-Mu yang lebih keras dan hebat?" Allah menjawab, "Ada. Yaitu Air." Lalu malaikat masih bertanya lagi. "Ya Robb, Apakah masih ada makhlukMu yang lebih keras n kuat dibandingkan air?" Allah menjawab, "Masih, yaitu angin." Malaikat masih belum puas. Lalu bertanya lagi. "Yaa roobb. Apakah masih ada makhluk-Mu yang lebih keras dan kuat dibandingkan angin?" Allah menjawab, "Masih ada, yaitu anak Adam yang senang n gemar mengeluarkan shodaqoh." Tangan kanan yang mengeluarkan, tangan kirinya tidak mengetahui. Itulah makhluk Allah yang paling keras, kuat dan hebat.)

(sudono/ed)

Post a Comment

0 Comments