About Me


Kesimpulan Buku "Membangkitkan Semangat Lembaga Dakwah FIAD"

Oleh: Drs. H. Imam Ghozali, MM


(Dosen UPN, Surabaya, Dosen LB ITATS & STIKOM, Subaya dan Annggota Bid. Pendidikan DDII Jatim)


Harian Indonesia Post.com Surabaya-Alhamdulillah, lebih dari setengah abad, tepatnya tgl 12 semtember 1964, perjalanan LD-FIAD (Lembaga Dakwah Fakultas llmu Agama & Dakwah) dibawah Fakultas llmu Agama Jurusan Dakwah Universitas Muhammadiyah, Surabaya, lahir dan berkiprah di bidang dakwah islamiyah tetap eksis hingga dewasa ini. Tak terasa umurnya sudah 56 tahun.


Eksistensi LD-FIAD tidak terlepas dari induknya yang melahirkannya, yakni, Kongres Nasional Majelis Tabligh Muhammadiyah pada saat itu di Surabaya. Salah satu keputusannya adalah berdirinya FIAD (Fakultas Ilmu Agama dan Dakwah), sekarang menjadi Studi Agama-Agama ( SAA) UM Surabaya.


Salah satu bagian tak terpisahkan dari pengelolaan FIAD sejak berdirinya yakni, Lembaga Dakwah FIAD yang semula operasionalisasinya  lembaga ini di tangani oleh mahasiswa angkatan pertama sebagai Ashhabul Awwalun dibimbing oleh Bapak AM Nur Salim.MA ( almarhum pimpinan FIAD pertama). Kemudian dalam perkembangan nya lembaga dakwah ini di amanatkan kepada para alumni FIAD, mengingat bertambahnya alumni dan luasnya daerah operasionalnya. Pernah terjalin kerjasama dengan 80 masjid dan mushalla di Surabaya dan sekitarnya.


Dalam menghadapi dinamika dan perubahan sosial atau mad'u lembaga ini selalu bergerak dan bergerak sebagai anak Muhammadiyah. Inovasi dan upaya lebih maju lagi menjadi perhatian untuk memantapkan barisan agar secara internal semakin eksis berkiprah menghadapi berbagai tantangan dakwah dan umat islam masa kini dan medatang.


Buku yg berjudul, "Membangkitkan Semangat Lembaga 

Dakwah FIAD" ini merupakan karya alumni FIAD, yaitu Ustadz Drs H Imam Ghozali, MM yang dapat dijadikan referensi dalam menganalisa perkembangan mad'u kita. Insya Allah buku ini bermanfaat terutama dalam peningkatan kinerja dan integritas yang bisa menghasilkan baik dalam segi kuantitas dan lebih lagi pada sisi kualitasnya.


Perjalanan lembaga dakwah FIAD sekarang sudah luar biasa, karena sekarang banyak masjid yang kerjasama dengan lembaga dakwah FIAD bahkan sampai luar kota, di antaranya: Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Pasuruan, Tuban dan Malang. 


Memang tujuan Lembaga dakwah FIAD adalah untuk membantu para takmir masjid untuk mencarikan Khotib jumat, kajian islam, khutbah idul Fitri dan idul adha dan lain-lain.


Alhamdulillah penulis panjatkan sepenuhnya hanya kehadirat Allah SWT Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan terselesaikanya buku ini tenaga dan segala kemampuan yang ada pada diri penulis menyampaikan pengakuan adanya kekurangan bahkan kekeliruan. Karena kemampuan yang ada pada diri penulis sangat terbatas. Amin semoga bermanfaat.

(Sudono Syueb)

Post a Comment

0 Comments