About Me


Yai Masyhudi Itu Orang Baik


Oleh: Sudono Syueb

(Alumni Ponpes YTP & SMAMDA Kertosono)

Harianindonesiapost.com Benar, yai Mashudi itu orang baik dan pinter. Suaranya merdu kalau baca Al Qur'an. Dia adik kelas saya persis. Dia sekelas dengan "Melati Putih" yang saya bawa pulang sebagai pengharum dan penghias rumah saya.

Yai Masyhudi termasuk santri kesayangannya  Pak Yai Tain.
Jiwa sosialnya yai Mashudi itu tinggi sekali. Walaupun kirimannya pas pasan, beliau sering menolong teman teman yang kehabisan bekal hidup di YTP diajak makan simbatan sama sama dalam satu dulang.
Saya juga sering ditolong beliau. 
Ceritanya begini. Setiap saya pulang dari sekolah SMAMDA Kertosono sekitar jam 17.30 rasanya perut ini lapar sekali, karena setiap berangkat sekolah jam 12.30 itu jarang makan siang.
Nah, ketika pulang ke pondok dengan perut lapar itu, saya sering dipanggil yai Masyhudi, mas Dono sini. 
Ada apa, jawabku
"Ayo makak", ajak yai Masyudi.
Diajak makan ketika perut lapar wooow sekali. Sayang jika ditolak hehehe.... Tampa lepas seragam SMAMDA, saya langsung gabung dulangnya yai Masyhudi dan muluk nasi dengan lahap.
Sambil makan, saya ngobrol, 
"Kapan ngluwetnya kok sudah matang ini Cak?", tanyaku sambil nyawuk nasi dan memasukkan ke mulut.
Yai Masyhudi menjawab, tadi jam 4 mas Dono. Kami perkirakan pas liwetnya mateng mas Dono datang dari SMAMDA dan langsung bisa makan.

Sepanjang makan itu, yai Masyhudi sering ngelihatin saya.
"Mas Dono lapar ya?", ledek yai Masyhudi sambil tertawa.
Ngerti kalau saya sedang lapar, yai Masyhudi berdiri duluan meninggalkan dulang yang masih ada nasi, sambel dan ikan asinnya.
"Alhamdu lillaah, malam ini saya bisa tedur nyenyak karena kenyang", batinku sambil habiskan upo terakhir di dulang itu.

Terimakasih yai Masyhudi, kamu memang orang  baik, setiap sore bagian kamu ngeliwet, saya tinggal makan. Dan bagian pagi, saya yang ngeliwet lalu kita makan nasi liwet, iwak asin silep dengan sambel orek seadanya sama sama. Selesai makan minum air silepan setengah matang segeeeer...

Post a Comment

0 Comments