About Me


Muhammad Al Ausath, Cicit Rasulullah Yang Terlupakan


Oleh: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com Namanya adalah Muhamnad Al Ausath bin Ali bin Abu Thalib, seperti nama datuknya, orang yang paling agung dan mulya akhlaknya, seorang Nabi dan Rasul, Muhammad SAW.
Lahir dari seorang ibu yang lemah lembut, cerdas dan berakhlak mulya, karena dapat didikan dari kakeknya, Rasulullah secara langsung, namanya Umamah bin Abul 'Ash, cucu pertama kesayangan Rasulullah SAW. Sedang  nenek Muhammad Al Ausath adalah Sayyidah Zainab bin Muhammad SAW, anak pertama Rasulullah SAW. 
Jadi Muhammad Al Ausath ini adalah cicit  Rasulullah SAW. 
Muhammad Al Ausath memang tidak sempat ketemu Rasulullah, sehingga dia tidak dapat sentuhan pendidikan risalah Kenabian dan Kerasulan langsung dari Rasulullah, tapi didikan ibunya yang termasuk Shahabiyah, dan didikan ayahnya Ali bin Abu Thalib, seorang Sahabat, kepercayaan Rasulullah dan khalifah ke 4, adalah sebuah jaminan bagi terbentuknya karakter pejuang lslam pada Muhammad Al Ausath. 
Tapi sayang sekali, catatan biografinya minim sekali. Konon dia pernah menikah dan punya anak. Tapi ahli genealogi Arab tidak begitu tertarik dengan cicit Rasulullah dari Zainab bin Rasulullah SAW ini. Sehingga keturunan Rasulullah SAW selalu dinisbahkan pada Husein bin Ali, tidak pernah dinisbahkan pada Muhammad al Ausath ini. Sehingga info tentang biografi  Muhammad al Ausath minim kita ketahui. Kini, dimana  keberadaan  anak cucumu wahai Muhammad al Ausath?
Kenapa namanya ada tambahan al Ausath (tengah tengah)? Karena sebelum dia lahir, Ali bin Abu Thalib sudah panya anak laki laki yang juga diberi nama Muhammad dengan julukan Kubra atau Muhammad al Awwal fari ibu yang berbeda. Dia juga punya adik Muhammad al Asghar dari ibu  yang berbeda pula.

Post a Comment

0 Comments