About Me


Menyongsong masa depan YTP


Oleh: Ahmad Darojul Ali

Alumni Ponpes YTP, Kertosono


Harianindonesiapost.com Menyimak pidato/sambutan Al Mukarrom Kiyai H. Ali Manshur Kastam dalam pergantian kepengurusana Yayasan Ponpes Kebun Ilmu Kertosono Nganjuk Jawa Timur, sungguh luarbiasa.
Dalam hal prestasi sangat pantastis, sarana dan prasarana 30 tahun yang lalu dengan sentuhan Kiyai Ali Manshur dan jajarannya, pesantren kebun ilmu berdiri tegak beberapa lantai yang membanggakan umat ( ada 9 unit bamgunan bertingkat, ed).

Belum hilang dalam ingatan saya sebagai santri Ponpes Kebun Ilmu 30 tahun tanda pemisah santri laki2 dan perempuan dalam kelas hanya memakai anyaman bambu dan mudah lobang oleh santri.
Tapi sekaran berubah 100 persen.
Guru2 sekarang minimal S1 dan ada yang S3.
Pesantren terlihat asri dan bersih. Sebuah catatan yang sangat menggembirakan.

Dalam hal muatan keilmuan di ponpes kebun ilmu, sungguh membanggakan pula, bagaimana santri diajarkan ilmu alat untuk memahami al islam, sehingga para santri fasih memahami al quran, hadist dan kitab2 klasik dengan baik.

Ada satu hal yang menurut saya perlu ada sentuhan lebih dalam lagi, dan hal ini juga sering dibicarakan oleh para alumni, tentang komunikasi bahasa arab dan ingris. Bahwa ilmu alat sudah dapat porsi yang sangat bagus, tapi dalam hal muhadastah, percakapan kedua bahasa tersebut saya kira perlu dapat perhatian yang lebih dalam lagi.

Jakarta, 29 oktober 2020.
Ahmad Darojul Ali.
( ADA ).(Sudono/ed)

Post a Comment

0 Comments