About Me


Pengertian Komuniksi dan Politik


Oleh: Sudono Syueb


1. Pengertian Komunikasi 

Surabaya,harianindonesiapost.com-Kata komunikasi berasal dari bahasa latin communicare atau communis yang berarti sama atau milik bersama. Jika sebuah komunikasi terjalin sesama individu, itu pertanda anda sedang melakukan sebuah usaha penyamaan untuk menyampaikan kepada orang yang ingin anda ajak berkomunikasi

Pengertian Komunikasi Secara Harfiah

Pengertian komunikasi secara harfiah adalah sebuah interaksi yang dilakukan antara dua orang atau lebih untuk menyampaikan pesan atau informasi. Jadi dapat disimpulkan jika sebuah komunikasi adalah bentuk interaksi yang dilakukan antar individu atau kelompok untuk bertukar informasi.

Pengertian Komunikasi secara Umum

Pengertian komunikasi secara umum adalah aktivitas yang berfungsi untuk menyampaikan suatu informasi baik berbentuk pesan, sebuah ide atau gagasan yang diberikan dari satu pihak ke pihak yang lainnya. Komunikasi dilakukan baik secara verbal maupun lisan, hal ini bertujuan untuk memudahkan antara kedua belah pihak untuk saling mengerti.

Pengertian Komunikasi
Menurut Para Ahli

1. James A.F. Stoner

Pengertian komunikasi menurut James adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain. hal ini bertujuan agar anda dapat menjalin sebuah hubungan dengan baik.

2. Everett M. Rogers

Menurut Everett pengertian komunikasi adalah sebuah proses pengalihan suatu gagasan ide dari satu sumber ke sumber penerima. Hal ini bertujuan untuk mengubah tingkah laku seseorang. Contoh komunikasi menurut Everett adalah saat sebuah perusahaan menjalin kerja sama dengan perusahaan lain, pastilah sebuah perusahaan akan mengirimkan seorang pegawainya untuk membicarakan kerjasama antar mereka.

3. Raymond Roos

Pengertian komunikasi menurut Raymond Ross adalah sebuah proses memilih , menyortir, pengiriman sebuah simbol yang membantu para pendengar untuk menanggapinya dengan cara  merespon, jadi dapat disimpulkan komunikasi menurut Raymond adalah sebuah alat bantu untuk mempermudah para pendengarnya.

4. Gerald R. Miller

Menurut Gerald R. Miller komunikasi bisa terjadi dengan adanya suatu sumber yang berfungsi untuk menyampaikan pesan kepada penerima dengan cara sadar untuk mempengaruhi suatu perilaku.

5. Calin Cherry

Pengertian komunikasi menurut Calin Cherry adalah sebuah proses yang dilakukan oleh pihak-pihak yang digunakan untuk memperoleh informasi untuk mencapai tujuan yang yang diinginkan yang berkaitan dengan hubungan yang timbul oleh seorang penerus rangsangan dan pembangkit balasan.

6. Aristoteles

Pengertian komunikasi menurut Aristoteles adalah sebuah usaha yang berfungsi sebagai alat yang digunakan oleh warga masyarakat untuk menjalankan bidang demokrasi. jadi dapat disimpulkan komunikasi menurut Aristoteles adalah alat yang selalu digunakan oleh masyarakat untuk mencapai tujuan bersama.

7. Lexicographe
r

Menurut Lexicographer pengertian komunikasi adalah upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Contohnya memberi dan meraih kebersamaan. Tujuan yang dimaksud antara kedua belah pihak adalah mencapai tujuan dengan cara berkomunikasi dan memiliki paham yang selaras tentang informasi yang didapatkan.

8. Wiliam F. Glueck

Pengertian komunikasi menurut Wiliam F. Glueck dibagi menjadi dua bentuk yaitu:

Komunikasi antar pribadi. Menurut Wiliam komunikasi bisa terjadi jika dilakukan dengan cara berkomunikasi secara pribadi atau disebut dengan interpersonal communications. Maksudnya adalah sebuah proses yang dilakukan dengan cara bertukar informasi atau perpindahaan pengertian antara dua individu yang berada dalam satu kelompok kecil.
Komunikasi dalam organisasi. William F. mengemukakan sebuah komunikasi dalam organisasi terjadi karena proses pembicara untuk memberikan informasi dengan cara sistematis atau memindahkan informasi kepada orang-orang yang berada dalam sebuah organisasi atau lembaga-lembaga yang berada di luar organisasi tersebut.

9. Shannon dan Weaver

Menurut Shannon dan Weaver komunikasi adalah sebuah wujud interaksi yang dilakukan oleh seorang manusia yang mempunyai ikatan yang bertujuan untuk saling mempengaruhi satu sama lainnya, baik dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja.

10. Roger dan D. Lawrence Kincaid

Pengertian komunikasi menurut Roger dan D. Lawrence Kincaid adalah tahapan yang dilakukan dua orang atau lebih  untuk bertukar informasi, untuk memberikan
 sebuah pengertian yang bersifat mendalam antara kedua belah pihak harus terjadi proses tukar informasi.

2. Pengertian Politik

Secara Etimologi
Politik berasal dari bahasa Belanda politiek dan bahasa Inggris politics, yang masing-masing bersumber dari bahasa Yunani τα πολιτικά (politika - yang berhubungan dengan negara) dengan akar katanya πολίτης (polites - warga negara) dan πόλις (polis - negara kota).

Secara etimologi kata "politik" masih berhubungan dengan politis, kebijakan. Kata "politis" berarti hal-hal yang berhubungan dengan politik. Kata "politisi" berarti orang-orang yang menekuni hal politik.

Politik berasal dari bahasa Yunani yaitu polis yang berarti kota atau negara kota. Turunan dari kata tersebut yaitu:

polites berarti warga negara.
politikos berarti kewarganegaraan.
politike tehne berarti kemahiran politik.
politike episteme berarti ilmu politik.
Kata ini berpengaruh ke wilayah Romawi sehingga bangsa Romawi memiliki istilah ars politica yang berarti kemahiran tentang masalah masalah kenegaraan. Politik pun dikenal dalam bahasa Arab dengan kata siyasah yang berarti mengurus kepentingan seseorang. Pengarang kamus al Muhith mengatakan bahwa sustu ar-ra’iyata siyasatan berarti saya memerintahnya dan melarangnya.

Sedangkan politik secara terminologis dapat diartikan

Menunjuk kepada satu segi kehidupan manusia bersama dengan masyarakat. Lebih mengarah pada politik sebagai usaha untuk memperoleh kekuasaan, memperbesar atau memperluas serta mempertahankan kekuasaan (politics). Misal: kejahatan politik, kegiatan politik, hak-hak politik.
Menujuk kepada “satu rangkaian tujuan yang hendak dicapai” atau “cara-cara atau arah kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan tertentu”. Lebih mengarah pada kebijakan (policy). Misal: politik luar negeri, politik dalam negeri, politik keuangan.
Menunjuk pada pengaturan urusan masyarakat dalam segala aspek kehidupan. Pemerintah mengatur urusan masyarakat, masyarakat melakukan koreksi terhadap pemerintah dalam melaksanakan tugasnya (siyasah).
Di antara ketiga definisi tersebut, tentunya definisi pertama lebih memiliki konotasi negatif dibandingkan definisi kedua dan ketiga. Hal ini disebabkan orientasi yang pertama adalah politik kekuasaan, untuk meraih dan mempertahankan kekuasaan dapat dilakukan dalam jalan apapun entah baik entah buruk, dapat menghalalkan segala cara dan lebih berorientasi pada kepentingan pemimpin atau elit yang berkuasa. Sedangkan definisi politik yang kedua dan ketiga lebih berorientasi pada politik pelayanan terhadap masyarakat, dimana posisi pemimpin merupakan pelayan masyarakat bukan penguasa aset-aset strategis

Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Selain pengertian politik secara umum dan etimologi diatas, para ahli dan pakar memiliki pandangan dan pendapat yang berbeda beda dalam mendefinisikan apa itu politik yang sebenarnya. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini pengertian politik menurut para ahli secara lengkap,

1. Aristoteles

Bahwa arti pengertian politik adalah upaya atau cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki.

2. Joice Mitchel

Pengertian politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijaksanaan umum masyarakat seluruhnya.

3. Prof. Miriam Budhiarjo

Pengertian politik adalah bermacam-macam kegiatan dalam suatu sistem politik (negara) yang menyangkut proses menentukan dari tujuan-tujuan dari sistem itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu. Dalam bahasa yang lebih mudah dipahami, dapat dikatakan bahwa politik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan negara maupun proses pengambilan keputusan ketatanegaraan.

4. Johan Kaspar Blunchli

Politik adalah ilmu yang memerhatikan masalah kenegaraan, dengan memperjuangkan pengertian dan pemahaman tentang negara dan keadaannya, sifat-sifat dasarnya dalam berbagai bentuk atau manifestasi pembangunannya. Menurutnya, politik juga membuat konsep-konsep pokok tentang negara (state), kekuasaan (power), pengambilan keputusan (decision marking), kebijaksanaan (policy of beleid), dan pembagian (distribution) atau alokasi (allocation).

5. Roger F. Soltau

Definisi politik adalah ilmu yang mempelajari negara, tujuan-tujuan negara, dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu.

6. W.A Robson

Politik adalah ilmu yang mempelajari kekuasaan dalam masyarakat, yaitu sifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil.

7. Robert

Politik adalah seni memerintah dan mengatur masyarakat manusia. Pengertian politik.

8. Hans Kelsen

Ia menjelaskan bahwa politik mempunyai dua arti, yaitu sebagai berikut.

Politik sebagai etik, yakni berkenaan dengan tujuan manusia atau individu agar tetap hidup secara sempurna.
Politik sebagai teknik, yakni berkenaan dengan cara (teknik) manusia atau individu untuk mencapai tujuan.

9. Paul Janet

Pengertian politik adalah Ilmu yang mengatur perkembangan negara begitu juga prinsip-prinsip pemerintahan.

10. Ibnu Aqil

Politik adalah hal-hal praktis yang mendekati kemaslahatan bagi manusia dan lebih jauh dari kerusakan meskipun tidak digariskan oleh Rasulullah SAW.

Post a Comment

0 Comments