About Me


Pengertian Ilmu


Oleh: Sudono Syueb


Asssalamu'alaikum dan salam sejahtra untuk kita semua.

Bismillahirrahmanirrahim.

Sdr2 mahasiswa Fikom Unitomo yg saya banggakan, kita bertemu secara daring dalam Matkul Pengantar Ilmu Politik (PIP) pada semester 1 ini.

Bahasan PIP ini, kita mulai dengan: 

1. Pengertian Ilmu.

Ilmu berasal dari bhs Arab : 'Alima-Ya'lamu, kata kerja/verba/fi'il, berarti mengetahui, mengerti dan memahami

Ilmun/ilman, nomina/kata benda/masdar, berarti Ilmu, Pengertian, Pemahaman dan Pengetahuan

Setiap manusia normal pasti mengetahui sesuatu/obyek di dunia ini, tentang:
-Dirinya
-Keluarganya
-Lingkungannya
-Alam semesta
-Tuhannya
-Simbol2 bahasa verba dan non verba
Dll.

Melalui apa manusia tahu?

Melalui Panca lndra (penglihatan/mata, pendengaran/telinga، penciuman/hidung, perabaan/kulit dan pengecapan/lidah)
Dan lndra ke 6 (pikiran dan hati)

Apakah semua yg diketahui manusia sebagai ILMU atau Pengetahuan? 
Belum tentu.
Yang diketahui manusia bisa jadi ilmu jika memenuhi syarat2 Ilmu

Syarat2 Ilmu
1. OBYEKTIF, ada pokok bahasannya
2. Tersusun secara SISTEMATIS
3. UNIVERSAL، berlaku secara umum
4. VERIVlKATIF, bisa diuji dan dibuktikan
5. METODIS, ada metodologinya

Dalam bhs lnggris, Ilmu disebut Knowledge atau Science
Berasal dari bhs Latin SCIENTIA
Dari akar kata SCIRE, artinya: TO KNOW and TO LEARN

Pengertian Ilmu 

Ilmu bisa diartikan semua yang diketahui manusia. Bisa juga berarti segenap pengetahuan ilmiah yang dianggap sebagai sebuah kebulatan. Ilmu juga berarti 
suatu kumpulan pengetahuan  yang sistematis dan dihimpun dengan metode ilmiah

Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia Ilmu diartikan sebagai pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu; atau pengetahuan atau kepandaian tentang soal duniawi, akhirat, lahir, batin, dsb.

 Dalam Wikipedia Indonesia, Ilmu (atau ilmu pengetahuan) adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Selain itu, beberapa tokoh telah menuliskan definisi ilmu antara lain sebagai berikut :

1.       Menurut Nazir(1988), Ilmu adalah pengetahuan yang bersifat umum dan sistematis, pengetahuan dari mana dapat disimpulkan dalil – dalil tertentu menurut kaidah – kaidah umum.

2.       Menurut Shapere (1974), konsepsi ilmu pada dasarnya mencakup tiga hal yaitu adanya rasionalitas, dapat digeneralisasi dan dapat disistematisasi.

3.       Menurut Schulz (1962),Pengertian ilmu mencakup logika, adanya interpretasi subjektif dan konsistensi dengan realitas sosial.

4  Menurut John G. Kemeny, Ilmu merupakan semua pengetahuan yang dikumpulkan dengan metode ilmiah. Dari pernyataan tersebut jelas bahwa ilmu merupakan hasil/produk dari sebuah proses yang dibuat dengan menggunakan metode ilmiah sebagai suatu prosedur.

Proses yang dilakukan untuk menghasilkan suatu ilmu bukan merupakan proses pengolahan semata tetapi merupakan suatu rangkaian aktivitas ilmiah/penelitian terhadap suatu hal yang dilakukan oleh sekelompok orang yang dikenal dengan istilah ilmuan(scientist) yang bersifat rasional, kognitif dan teleologis (memiliki tujuan yang jelas).

5. Nenurut The Liang Gie Definisi Ilmu adalah rangkaian aktivitas manusia yang rasional dan kognitif dengan metode berupa aneka prosedur dan tata langkah sehingga menghasilkan kumpulan pengetahuan yang sistematis mengenai gejala – gejala kealaman, kemasyarakatan, atau keorangan untuk tujuan mencapai kebenaran, memperoleh pemahaman, memberikan penjelasan ataupun melakukan penerapan (The Liang Gie, 130).

Suatu ilmu harus bersifat empiris (hasil dari panca indera/percobaan), sistematis (memeiliki keterkaitan yang teratur), objektif (bukan hasil prasangka), analitis dan verifikatif (bertujuan mencari kebenaran ilmiah). Ilmu memiliki pokok persoalan (objek) dan fokus perhatian. Sebagai contoh ilmu alam. Ilmu alam memiliki pokok persoalan terkait dengan alam dengan beberapa fokus perhatian seperti fisika, kimia, biologi, dll.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa ilmu berbeda dengan pengetahuan. Pengetahuan merupakan kumpulan fakta yang merupakan bahan dari suatu ilmu, sedangkan ilmu adalah suatu kegiatan penelitian terhadap suatu gejala ataupun kondisi pada suatu bidang dengan menggunakan berbagai prosedur, cara, alat dan metode ilmiah lainnya guna menghasilkan suatu kebenaran ilmiah yang bersifat empiris, sistematis, objektif, analisis dan verifikatif.

 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli Yang lain


1. Robert Ackerman
Robert Ackerman mendefinisikan istilah ilmu dalam satu bidang sebagai sebuah kajian tajam mengenai pendapat-pendapat ilmiah dan perbandingan terhadap parameter-parameter yang dikembangkan dari gagasan tertentu. Robert mengatakan bahwa ilmu pengetahuan didapatkan dari studi atau latihan.

2. Lewis White Beck
Lewis White Beck berpandangan bahwa istilah ilmu digunakan untuk sekelompok orang yang membicarakan dan mengevaluasi sistem-sistem ilmiah. Baginya, ilmu juga merupakan suatu jalan untuk mendapatkan pengetahuan baru.

3. Cornelius Benjamin
Menurut Cornelius, ilmu adalah cabang pendidikan fikrah yang merupakan kajian terstruktur mengenai berbagai pengetahuan, terutama tentang tata cara atau metode, persepsi, pendapat, serta berbagai informasi umum mengenai cabang-cabang pengetahuan intelektual. Cornelius berkata, “Intinya, ilmu adalah pencarian abadi untuk pemahaman yang cerdas dan terintegrasi dari dunia tempat kita hidup”.

4. Michael V. Berry
Bagi Michael V. Berry, definisi ilmu adalah pemeriksaan khusus tentang nalar interen dari hipotesis-hipotesis ilmiah dan hubungan-hubungan antara teori dengan percobaan (atau biasa disebut dengan istilah “metode ilmiah”).

5. Peter Caws
Peter Caws mengutarakan bahwa ilmu merupakan salah satu bentuk usaha dalam melakukan pencarian pengetahuan-pengetahuan baru yang bermanfaat bagi umat manusia.

6. Psillos dan Curd (2008)
Menurut pendapat Psillos dan Curd, ilmu adalah pemikiran yang berkaitan dengan perkara-perkara filosofis dan mendasar dari sebuah wawasan.

7. Dalton dkk. (2007)
Menurut Dalton dan rekan-rekannya, istilah ilmu mengacu pada kepercayaan/keyakinan seseorang akan dasar wawasan ilmiah dan esensi sistem dalam memperoleh suatu wawasan, serta mencari tahu hubungan antara ilmu dengan tingkah laku manusia.

8. Rudner (1966)
Sementara itu, Rudner menganggap bahwa filsafat ilmu adalah salah satu segmen dari epistemologi (teori pengetahuan) yang merupakan ajaran yang berpusat pada ciri khas pengetahuan ilmiah.

 Tujuan llmu

Apa pun definisinya, tujuan ilmu hanya satu, yaitu menghasilkan model realitas yang berguna, yang mencakup kebenaran umum atau hukum dasar.

Pembagian llmu

Ilmu dapat dibagi menjadi cabang-cabang yang berbeda berdasarkan subjek studinya, yang biasanya dikelompokkan menjadi tiga cabang utama sebagai berikut:

✓   Ilmu alam: cabang ilmu yang berkaitan dengan deskripsi, prediksi, dan pemahaman fenomena alam (mempelajari alam dalam arti luas) berdasarkan hukum alam dan dunia fisik. Contohnya: ilmu biologi, kimia, dan fisika.

✓   Ilmu sosial: cabang ilmu yang didedikasikan untuk studi tentang masyarakat dan hubungan antar individu dalam masyarakat tersebut. Cabang ilmu ini mempelajari bagaimana orang berinteraksi satu sama lain, berperilaku, berkembang sebagai budaya, dan mempengaruhi dunia. Contohnya adalah ilmu ekonomi, psikologi, sosiologi, hukum, politik, bahasa, antropologi, dan banyak lagi.

✓   Ilmu-ilmu formal: cabang ilmu yang mempelajari konsep-konsep abstrak yang berkaitan dengan sistem formal, seperti ilmu matematika, ilmu logika, komputer teoritis, statistik, kecerdasan buatan, linguistik teoritis, teori sistem, teori keputusan, teori permainan, dan sebagainya.

Post a Comment

0 Comments