About Me


CATATAN HARI INI HARI PARIWISATA DUNIA, 27 SEPTEMBER 1980-2020


Oleh: Wahyu Raharjo

(Mantan Dinas Pariwisata, Bantul-DIY)

Harianindonesiapost.com 40 tahun yang lalu, tepatnya di Kota Torremolinos, Spanyol, WTO (World Tourism Organization PBB)  mendeklarasikan tanggal 27 September sebagai Hari Pariwisata Dunia.

Hari ini minggu, 27 September 2020, entah dimana itu, bisa dipastikan bahwa para pelaku wisata sedang berkumpul untuk memperingatinya, sekaligus membicarakan kontribusi yang bisa diberikan sektor pariwisata untuk membangkitkan perekonomian dunia yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. 
Sejak dulu sampai sekarang, pariwisata telah membuktikan diri sebagai media mensejahterakan kehidupan berbagai bangsa, mengalirkan triliunan uang devisa, menggairahkan lapangan pekerjaan, membangkitkan pembangunan ekonomi, religi, seni budaya, olah raga, transportasi, tehnologi, dll.
Kejayaan pariwisata, adalah indikator kemakmuran peradaban manusia.

Hari ini juga, walau mulut hidung harus ditutup masker, walau kekinian harus berhadapan dengan ketidak-pastian, walau situasi harus berperang melawan covid-19, aku sekeluarga komplit menyempatkan diri mengunjungi waduk sermo dan travelling di perbukitan menoreh. Jalan-jalan tidak sepi, ada saja yang berhenti di sana-sini, dan warung-warung kecilpun dapat rejeki. Alhamdulillah kehidupan bergairah kembali.(Sudono Syueb/ed)

Post a Comment

0 Comments