About Me


Teladan perjuangan


Oleh : Adam Bahtiar 

Harianindonesiapost.com Gerakan sosial hadir dari keteladanan seorang Manusia. Ia berdiri kokoh membawa formulasi kebenaran, atas adanya penindasan, kesewenang-wenangan dan keserakahan, Semuanya hadir secara simultan. Tujuanya yakni kembali kemasayarakat dan berjuang demi masayrakat yang tertindas.

 Hari ini banyak sekali  yang terjadi dibelahan bumi ini tentang pergerakan. Bahwa hadirnya pergerakan lahir di dorong atas keyakinan. Keyakinan dalam soal mengabdi, keyakinan melayani, dan juga keyakinan untuk menolong untuk mereka yang lemah. Kendati demikian siapa saja yang masih memiliki pikiran ia akan menjadikan refrensi utama dalam bidang sosial.  Dalam ranah menyelamatkan dan memberdayakan masyarakat secara merdeka.

Tapi saat ini gerakan sosial terlihat sangat kusam gerak dan langkahnya.  Entah siapa yang mengendarainya. Gerakan sosial terlihat sangat kumuh jika diperhatikan secara bijak.  Banyak sekali yang menjadikan gerakan sosial sebagai lahan untuk mementingkan sebagain kelompoknya, memperkaya kantong pribadinya,  bahkan yang sangat mengecewakan gerakan sosial beralih fungsi menjadi lahan politik orang yang berkepentingan.

Padahal orientasi gerakan yang tujuan awalnya adalah "pemberdayaan masyarakat" dinegasikan dengan statuta level gerakan yang tidak produktif dan jauh dari kesan memberdayakan. Ironisnya  gerakan hanya soal urusan itu itu aja. Artinya gerakan masayrakat dibuat untuk kepentingan individual dengan dominasi kulturalnya. Padahal aspek struktural perlu dikedepankan demi  mempertimbangkan sekaligus menyoroti tataran masyarakat secara luas.

Jika rakyat tertindas.  Maka gerakan sosial itu hadir membantu kaum yang lemah dengan memberdayakan kepentingan rakyat secara komunal. Membangun fasilitas pemberdayaan. Meningkatkan SDM masyarakatnya. Dan siap membela bagi mereka yang dirampas haknya sebagai warga Negara.

Gerakan sosial yang ada dilingkungan sekitar adalah gambaran yang menarik bahkan menakjubkan. Entah dinamika yang dibuat, atau sosio-kultural keberagaman yang dibangun. Tanpa bermaksud menafsirkan gerakan sosial secara keseluruhan hal ini membawa kita pada suatu sisi penting dalam konteks kemasyarakatan yaitu : "Menciptakan keberdayaan masyarakat secara masif dan beragam dengan tidak memanipulasi rakyat banyak untuk kepentingan hawa nafsunya.

Maka yang perlu diyakini dalam wujud perjuangan. Yakni dengan menghidupkan kembali kejernihan hati dan pikiran dalam konteks Gerakan sosial yang Madani. Bukan mengambil kehidupan dari gerakan tapi hidup dan hidupilah gerakan itu.

Post a Comment

0 Comments