About Me


RT 40/09 Adakan Renungan Malam Kemerdekaan RI ke 75 Secara Sederhana


Laporan: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com Peringatan hari Kemerdekaan lndonesia di tengah pandemi covid19 ini hampir sama dengan perayaan hari raya ldul Fitri dan ldul Qurban tahun 2020 yang kita laksanan. Sepi.......
Idul Fitri sepi, tidak ada takbir keliling, selama ramadhan juga sepi, hanya sholat ld di masjid, sedikit yang di lapangan. Bahkan ada ratusan bahkan ribuan masjid tidak mengadakan sholat ld karena terlalu hati-hatinya takmir dengan pandemi covid 19 ini, tidak ada kunjung mengunjung (Jawa: unjung unjung) ke keluarga, tetangga dan handai taolan. Peringatan Kemerdekaan RI ke 75 tahun ini juga sepi. Sepi dari kegiatan lomba lomba dan ceremonial serta malam tirakatan (melek an) tgl 16/8. 
Kendati begitu, warga masih antusias menyambutnya dengan pasang bendera merah putih dan umbul umbul merah putih dan warna warni, membersihkan lingkungan dan menghiasinya ala kadarnya. 
" Sesuai himbauan Pemerintah, RT 40/09 Griya Bhayangjara, Nasangan Kulon, Sukodono, Sidoajo,  sengaja tidak memperingatinya dengan lomba lomba dan malam tirakatan atau renungan kemerdekaan secara meriah seperti tahun tahun yang lalu," kata bpk Saguh Widodo, ketua RT 40/09. 
Walaupun begitu, lanjut Widodo, warga RT 40/09 tetap saya himbau untuk membersihkan lingkungan, pasang bendera dan umbul umbul serta saya ajak melekan/renungan tipis tipis pada tgl 16/8 di balai RT 40/09 dan di gardu kamling dengan konsumsi ala kadarnya  sumbangan dari warga.
Tirakatan tipis tipis di RT 40/09 Griya Bhayangkara itu juga dihadiri ketua RW 09, bpk Bambang EP.


"Walaupun tidak ada ceremonial secara lahir dalam malam tirakatan kemerdekaan RI ke 75 tahun ini, tapi secara batiniyah, kita semua selalu mengenang para pahlawan bangsa ini dalam berjuang memerdekakan lndonesia", kata pak Bambang ketua RW 09 Griya Bhayangkara 
Karena itu, lanjut Bambang, kita harus bersyukur pada Allah dan tetimakasih pada para pahlawan kemerdekaan RI.

Post a Comment

0 Comments