About Me


MALAH KAYA, Pak! Kok miskin sih ?


Oleh: Ust. Abu Wildan

Redaktur: Misbah
Editor: Sudono

Harianindonesiapost.com "Sesama keluarga miskin besanan kemudian lahirlah keluarga miskin baru sehingga ini perlu ada pemotongan mata rantai keluarga miskin, kenapa? Karena kemiskinan itu pada dasarnya basisnya adalah di dalam keluarga," ucap mantan Mendikbud ini.

Begitulah minusnya pol-kompol dengan segmentasi istana. Pemahaman aqidah-nya mendadak ngedrop. Terjadinya sebab musabab  tidak selalu simetris dengan akibatnya. 

Perintah menikah untuk membangun rumah tangga adalah perintah agama. Rizki dan karunia ba'da aqdin nikah  bukanlah peramal yg menentukan.

.....Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karuniaNya. Dan Allah Maha Luas pemberianNya lagi Maha Mengetahui” (QS An Nuur :32) Begitulahlah janji Allah SWT dalam Surat An-Nur bagi yang mau menikah. Ada jaminan karunia dari-Nya.

"Bagaimana aku akan menikah sedang aku tidak punya anggaran?” atau berkata, “ Susah,  apabila aku menikahi orang miskin, jangan-jangan idem dito, atau akan menjadi semakin miskin?’ Janganlah sekali-kali pernah berkata dan berfikiran seperti itu. Mengapa? Sebab rizki telah dijanjikan oleh Allah, makanan, minuman, sandang dan papan pun telah dijamin oleh Allah SWT. (Al-Qurtubi)

Tidak sepatutnyalah, bahwa pernikahan menjadi tambah miskin atau nggak memiliki apa-apa. Justru saat miskin itulah kita harus berani menikah. Bismillah...laa haula wa laa quwwata illa billah..Menikah karena Allah SWT niscaya akan dijamin kehidupan kita. 

Sudah banyak yang membuktikan. Pengalaman membujang serba kekurangan, begitu saat berproses membangun rumah tangga, hidupnya mapan, sejahtera dan bahagia lahir batin. 

Lepas dari persoalan taqdir, sbg rukun iman VI, timbulnya kemiskinan di Indonesia krn rezim ini tak becus ngurus pemerataan ekonomi dan membiarkan koruptor meraja lela. Hidup sebagai mukmin adalah menonjolkan keyakinan bukan semata-mata skala perhitungan matematis.

عن أبي بكر الصديق قال‏:‏ أطيعوا الله فيما أمركم به من النكاح ينجز لكم ما وعدكم من الغنى قال تعالى ‏{‏إن يكونوا فقراء يغنهم الله من فضله‏}‏‏.‏

“Taatilah Allah dalam apa apa yang Dia telah perintahkan padamu untuk menikah. Dia akan memenuhi janji-Nya untuk membuatmu berkemampuan.“ (…Jika mereka miskin, maka Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya).
(Abu Bakar Ash Shiddiq)

Post a Comment

0 Comments