About Me


Keutamaan Shalat Tahajjud


Oleh: Sudarno Hadi

(Ketua Dewan Dakwah Jawa Timur)

Harianindonesiapost.com Tahajjud merupakan shalat sunnah yang sangat dianjurkan pelaksanaannya, karena shalat sunnah ini memiliki berbagai keutamaan serta keistimewaan, diantaranya yaitu:

Mendirikan shalat Tahajjud dapat mengangkat derajat manusia bagi yang melaksanakannya dan merupakan suatu ibadah tambahan yang dapat mengangkat derajat untuk setiap umat muslim.

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman:

_وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا_
_“Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajjud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”_ (QS. Al-Isra' ayat 79)

Mungkin selama bulan Ramadlan kita terbiasa melakukan sholat tarawih, karena tarawih  merupakan shalat malam di bulan Ramadlan. Ketika waktu sahur juga masih merupakan waktu shalat malam, sehingga kaum muslimin setelah atau sebelum makan sahur bisa melaksanakan sholat malam.
 Sangat disayangkan apabila kebiasaan baik ini tiba-tiba jarang kita lakukan setelah bulan Ramadlan berakhir. Amal yang baik dan dicintai oleh Allah adalah amalan yang tetap dilakukan secara konsisten walaupun sedikit.

Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam bersabda,

_ﺃَﺣَﺐُّ ﺍﻷَﻋْﻤَﺎﻝِ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺃَﺩْﻭَﻣُﻬَﺎ ﻭَﺇِﻥْ ﻗَﻞَّ_
_"Amalan yang paling dicintai oleh Allah ta’ala adalah amalan yang istiqomah walaupun itu sedikit.”_

_“Shalat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat yang dilakukan di malam hari.”_ [HR. Muslim, kitab ash-Shiyaam bab Fadhli Shaumil Mu-harram.]

Semoga Allah senantiasa memberikan kepada kita semua kemudahan serta keistiqomahan untuk melaksanakan shalat tahajjud, karena shalat tahajjud ini memiliki banyak sekali keutamaannya. Shalat tahajjud juga merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kita.(Sudono)

Post a Comment

0 Comments