About Me


Asrama Putri Khodijah Pondok MWI, Kebarongan, Selesai Dibangun


Laporan: Sudono Syueb 

Banyumas - Jateng,harianindonesiapost.com-"Alhamdu lillah, asrama putri Khodijah Pondok legendaris MWI (Madrasah Wathoniyah Islamiyah), Kebarongan, Banyumas, Jateng, selesai dibangun. Asrama yang bisa menampung ratusan santriwati ini berdiri di atas tanah sekitar 9000m2, hasil sumbangan masyarakat, wali santri dan alumni", demikian kata kang Praptono Zamzan, alumni pondok Kebarongan ini, sembari bersyukur pada Allah.
Lebih lanjut kang Praptono katakan, Daya tampung asrama putri ini baru ada sekitar 450 santri khusus putri. Masih ada 2 asrama putri yang menyatu dengan lingkunan penduduk.


Pondok Pesantren Madrasah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan ini lebih dikenal dengan Pondok KEBARONGAN karena terletak di desa Kebarongan, adalah merupakan pondok legendaris dan  tertua, dibangun tahun 1878, oleh KH Muhamnad Habib bin Nur Hamdani, yang modern dan masih eksis sampai sekarang.
"Pondok Pesantren Madrasah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan adalah Pondok Pesantren Modern yang terletak di Gerumbul Teleng, Kebarongan, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Pondok Pesantren ini pertama kali didirikan tahun 1878 oleh K.H. Muhammad Habib Bin Nur Hamdani yang hingga saat ini telah mengalami 12 kali pergantian pemimpin yaitu: K.H. Muhammad Habib, lalu diteruskan oleh K.H. Abdullah Khalifah, K.H. Damaruri Zawawi, K.H. Abdullah Zawawi, Kyai Sunan Muhadir, K.H. Abdul Wahab, kyai Asifudin Zawawi, K.H. Marghoni, Kyai Zubad Isma’il, H. Amin Munawir, K.H. Fata Mu’min Asifudin, Lc dan kini dipimpin oleh Drs. H. Munbahij Al Khuluq", Wikipedia (2020) lebuh lanjut Wikipedia narasikan, Terdapat tiga jenjang pendidikan di Pondok Pesantren Madrasah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan yaitu MI Wathoniyah Isalmiyah, Mts Wathoniyah Isalmiyah dan MA Wathoniyah Islamiyah. Pondok Pesantren Madrasah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan mempunyai empat asrama yaitu dua asrama putra (Asrama Umar bin Khottob dan Asrama Abu Bakar As-Sidiq) dan 4 unit asrama putri (Asrama Aisyah dan Asrama Khotidjah). Di Pondok Pesantren Madrasah Wathoniyah Islamiyah tidak hanya mempelajari mata pelajaran pesantren( seperti Tauhid, Nahwu, Shorof, Faroid dan lain-lain) tetapi juga mempelajari pelajaran umum ( seperti Matematika, IPA, IPS dan lain). Para santri dari PONPES Madrasah Wathoniyah Islamiyah berasal dari berbagai daerah bahkan ada yang berasal dari Malaysia dan Singapura. Di Pondok Pesantren Madrasah Wathoniyah Islamiyah terdapat beberapa kegiatan ekstrakulikuler yaitu BKC, marching band, hadroh, PKS, Keputrian dan lain-lain.

Profil Pondok MWI Keborongan

Pondok Pesantren Wathoniyah Islamiyah Kebarongan, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas didirikan pada tahun 1878 yang bertepatan dengan tahun 1296 Hijriyah oleh Kyai Haji Muhammad Habib dengan dukungan dari para sanak famili, yang tak lama berselang setelah kepindahan beliau dari kampung asalnya yakni Desa Daratan, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen.

Setelah di tempat yang baru mereka berhasil mendirikan sebuah masjid jami’, kemudian muncul inisiatif dari pak Kyai untuk memanfaatkan masjid tersebut sebagai media penyebaran dan pengajian agama Islam. Dengan model dakwah yang halus, kegiatan pengajian itupun akhirnya mendapat sambutan yang hangat dari para penduduk sekitar, khususnya di desa Kebarongan sendiri.

Karena memang berasal dari lingkungan keluarga pondok pesantren, timbul kemudian niatan untuk membangun sebuah asrama kombongan atau lokal untuk pemondokan bagi para santri yang khususnya berasal dari luar desa Kebarongan. Inilah momentum sejarah terbentuknya Pondok Pesantren Wathoniyah Islamiyah Kebarongan yang sampai saat ini telah menamatkan puluhan ribu santriwan-santriwatinya yang tersebar di bumi Nusantara.


Sejak 1988 sampai 2002, Ponpes ini diasuh oleh Kyai Zubad Ismail, selanjutnya diasuh oleh KH. Fata Mu’in Asifudin, LC, lalu KH.DR.Ahmad Janan, MA. Pesantren ini membuka madrasah disamping pengajian kitab dengan sistem sorogan dan bandongan.

Para Pengasuh Pondok MWI

1. KH Muhammad Habib
2  Kyai Zubad Ismail
3  KH. Fata Mu’in Asifudin, LC
4. KH.DR.Ahmad Janan, MA.
​Pendidikan

Pendidikan Formal DI Pondok MWI

1. MI (Madrasah Ibtidaiyah)
2. Madrasah Tsanawiyah (MTs)
3. Madrasah Aliyah (MA)

​Pendidikan Non Formal

1. Madrasah Diniyah 
2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

1.  Baca Kitab Kuning
2. Bahtsu Masa'il
Pidato
3. Seni Kaligrafi
4. Seni Hadroh
Seni Tilawah Qur'an
5  Khitobiyah
6. Pembacan Maulid & Sholawat Majelis 7. Sholawat Kubro
8. Jam'iyyah Santri
9. Pramuka
10. Sepakbola
11. Basket
12. Volly Ball 
13. Badminton.
14  Paskibra
15. PMR

Fasilitas

1. Masjid
2. Mushala
3. 41 lokal belajar/mengaji
4. 7 unit asrama putra/putri dg 100 kamar asrama
5a. Ruang pimpinan PP
5b. 4 Ruang pimpinan sekolah/ madrasah
6. 3 ruang guru
7. 3 ruang administrasi/TU
8. 3 laboratorium
9. 3 ruang perpustakaan
 10  1 ruang UKS
 11. 3 ruang pramuka
 12  1 ruang PMR
 13  1 ruang koperasi
 14. 1 ruang OSIS/Kantor IPMAWI
 15. 1 ruang MMT Kopontren
16. 3 ruang dapur
17. 1 ruang olah raga
18. 1 ruang keterampilan,
19. 1 unit peralatan olah raga dan kesenian

Alamat
Kebarongan, Kemranjen, Banyumas, Jawa Tengah

Telepon:  (0282) 5291173

Kode Pos: 53194

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.
Disusun dari berbagai sumber

Post a Comment

0 Comments