About Me


TETAP SENANG BELAJAR, WALAU DI RUMAH: (Baguan 5)


By. Bunda Siswi

(Guru SDN Mekarsari 1, Cikatang Barat, Bekasi)

Editor: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com Sudah seminggu ini, kujalankan tugas dari rumah mengajar online pada siswaku. Hari pertama, instruksi kepsek, bahwa guru tidak perlu ke sekolah, ku terima jelang berangkat . Berhubung buku2 ada di sekolah,maka akupun segera berangkat.Disana hanya ada aku dan penjaga sekolah, Alhamdulilah mengajar online pun bisa terlaksana  sukses dari ruang kelas sekolah tercinta. Hari2 selanjutnya setiap jelang jam 08.00 WIB,akupun sudah bersiap. memberi.materi,dan siswa pun sudah siap dengan buku dan alat tulisnya. Mereka dengan penuh semangat mengerjakan tugas yang ku berikan. Aku bisa tahu dengan ke siapan siswa, karena aku mewajibkan mereka harus upload  foto saat belajar, dan hasil tugasnya pun dikirim melalui Japri. Alhamdulillah sekitar 85% dari jumlah siswa se kelas turut serta. 
Untuk mengurangi kejenuhan dan rasa bosan, sengaja materi ku beda2kan. Misal :hari ini siswaku membaca dongeng fabel, besok bernyanyi lagu yang ada di buku tema. Malah di akhir pekan,aku hanya minta mereka mengerjakan apa yang di suka,kemudian fotonya dikirim ke grup, agar teman2 lain pun termotivasi. Dan sebagai apresiasi dari ku pada siswa hebat,yakni dengan memberi nama2 di foto mereka,dan kubuat.kolase yang menarik, dan dikirim ke grup WA. Langkahku termasuk ampuh juga,karena esoknya mereka semangat.mengirim foto terbaik mereka. 
Demikian gambaran pembelajaran online siswaku, semoga merebaknya wabah virus Corona dapat segera ter tangani dengan baik. 

#Tantangan 14 hari KPPBR, hari ke 5
22/03/2020
16.10 WIB

Post a Comment

0 Comments