About Me


PEMBIASAAN DAN KREATIVITAS (Bagian 9)


By Bunda Siswi

(Guru di SDN Mekarwangi 01, Cikarang Barat, Bekasi)

Editor: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com Pembelajaran KBM online tanpa terasa sudah masuk hari ke 9. Hari ini Kamis, 26 Maret 2020 sekitar jam 07.30 sudah banyak WA masuk melalui grup Walimurid, menanyakan..koq tumben aku belum menyapa mereka. Alhamdulillah memang setiap pagi, ku biasakan menanya kabar,dan saling mendoakan. Mereka tidak tahu, aku sedang ke warung dekat rumah membeli keperluan yang sudah habis. Sepulangnya jam sudah menunjukkan pukul 07.55 WIB. Langsung ku mulai menyapa gunakan Voice note/pesan suara..  yang ku tujukan buat siswaku..  "Anak2 ku yang Sholeh dan Sholehah, mari kita mulai materi pagi ini, di awali dengan baca Basmallah.. segera ku ingatkan kembali, agar pembiasaan kecil yang ku ajarkan,selalu digunakan di mana pun,kapan pun dan dengan siapapun..ku ulangi.. pembiasaan mengucapkan Salam,terutama di rumah  pada ayah,mama,dan lainnya,karena saat ini mereka belajar efektif di rumah. Gunakan kata maaf, jika berbuat salah, begitu pula gunakan kata tolong, jika butuh bantuan dan terima kasih jika di beri sesuatu dan gunakan tangan kanan" Menurutku dengan pembiasaan yang di ulang ulang, diajarkan sejak dini,dan bekerja sama dengan orang tua, maka tingkat keberhasilan akan lebih tinggi dan akan bermanfaat sepanjang hayat. Ku akhiri pesan suara, dan ku lanjutkan dengan materi kreativitas, membuat roncean sederhana, dengan bahan yang ada di rumah..Sengaja ku tekankan tidak boleh beli kertas atau apapun di manapun,agar tidak ada alasan untuk keluar rumah, malah ku sarankan manfaatkan barang bekas, bisa koran,kertas kado ataupun kertas bekas sampul malah jika tak memiliki lem kertas,boleh gunakan nasi putih buat menempel. Setelah ku share foto cara membuatnya, mereka ber lomba lomba untuk segera menyelesaikan nya.hal tersebut kulihat dari upload foto mereka. Alhamdulillah dari contoh yang ku buat, kertas origami yang ku miliki 6 warna,di gunting menjadi 4 bagian perlembarnya akhirnya menjadi 24 lembar, langsung ku buat roncean. Tanpa sadar sebenarnya, siswaku sudah belajar

 1.menggunting dengan ke hati hati an.
2.menggunting garis lurus tanpa penggaris.
3.membuat roncean dengan pola yang sama secara berulang.
4.Belajar menekuni suatu kegiatan secara mandiri.
5.Terbiasa berkreasi sendiri dengan memanfaatkan barang bekas.

Hal ini, akan menjadi bekal mereka,di kehidupan yang sesungguhnya, ketika sudah mulai terjun   di masyarakat kelak.
 MaSya Allah, anak anak hebat dan luar biasa,karena 30 Menit kemudian,mereka sudah kirim foto di grup dengan memamerkan hasil karya mereka, dengan bangganya,karena merasa bisa membuat hasil karya sendiri.
Sebagai Apresiasi ku puji dan ku tulis kan nama di foto mereka ditambah kata kereeeen dan ku upload ke WA grup.. menurut orangtua, apresiasi ku membuat mereka makin ber semangat, Alhamdulillah. Selanjutnya kusarankan hasil karyanya untuk menghias kamar nya. Setelah itu mereka wajib menuntaskan tugas,di buku Tema dengan pembelajaran hari ini.

*Tantangan 14 hari* *KPPBR, hari ke 9*
*26/03/2020*
*20.38 WIB*

 Penjelasan

Tulisan ini bagian dari kumpulan tulisannya Bunda Siswi, seorang guru SDN Mekarwangi 01, Cikarang Barat, Bekasi, yang dibuat saat mengikuti tantangan kepenulisan selama 14 hari dalam grup KPPBR (Kmunitas Pendidik Penulis Bekasi Raya) dan terpilih sebagai karya tulis unggulan dalam grup tersebut. Rencana awal kumpulan karya tulis ini akan diterbitkan jadi Buku Antologi. Nah sebelum terbit Buku Antologinya, mulai sekarang akan dimuat bersambung secara online di web harianindonesiapost.com yang bermarkas di Surabaya. 

Sekilas riwayat hidup penulis;

Di lahirkan bernama Siswi Astuti, biasa di panggil bunda Siswi. Saat itu ayahnya seorang Polisi sedang persiapan untuk pendidikan dari    Tamtama lulus ke tingkat Bintara, oleh sebab itu diberi nama Siswi. Kelak saat dewasa nama tersebut menjadi motivasi diri, untuk terus belajar dan menuntut ilmu tiada batas, dimanapun dan kapanpun. Menuntaskan sekolah SD Kane Kecil ,SMPN 94, pernah sekolah SMP kelas 1 di SMPN 2  Kertosono. SMAN 17 Jakarta. Melanjutkan ke UPN Veteran jurusan Akuntansi, Institut Darul Qolam jurusan PGTK, dan PGSD di Universitas Terbuka. Saat ini bergabung di grup KPPBR (Komunitas Pendidik Penulis Bekasi Raya), lndonesia Menulis, Grup Penulis2 hebat (para kyai Alumni YTP Kertosono), dan Grup Manajemen SaSyuIk (Sabar,Syukur,Ikhlas), sebuah grup yang fokus pada pembelajaran kehidupan, yang memotivasi, Inspirasi, konsultasi,dan solusi. Tulisannya sudah di muat menjadi beberapa buku Antologi, Majalah Swara Bekasi, Media online harianindonesiapost.com Surabaya(Sudono Syueb/ed)

Post a Comment

0 Comments