About Me


MUHASABAH 62 HAKIKAT BERIMAN KEPADA NABI DAN RASUL ALLAH SWT _(Bagian 15)_


Oleh: Amrozi Mufida

Harianindonesiapost.com
26. Nabi Muhammad SAW Sebagai Pemimpin Sistem Pendidikan Holistik

Dimensi lain dari kesuksesan Nabi Muhammad SAW dalam kepemimpinan dan manajemen adalah dalam bidang pendidikan. Karena menurut Islam, pendidikan mempunyai kedudukan yang tinggi. Sehingga wahyu pertama yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW adalah menyuruh beliau untuk membaca padahal beliau seorang ummi (buta huruf). QS Al-'Alaq (96): 1-5. Wahyu pertama juga mengandung perintah untuk belajar mengenali Allah SWT, memahami fenomena alam, dan mengenali diri sendiri yang mencakup prinsip-prinsip iman, ilmu, dan amal. Dan ketiga prinsip ini merupakan serambi falsafah pendidikan Islam. 

Dalam bahasa Arab, pendidikan merujuk pada kata *tarbiyah*, *ta'lim*, *ta'dib*, *tadris*, *irsyad*, dan *indzar*. Dan semua istilah ini telah dikenal sejak zaman Nabi Muhammad SAW yang beliau terapkan kepada para sahabat. 

Istilah yang paling sering digunakan untuk pendidikan adalah *tarbiyah*. Sehingga Fakultas Ilmu Pendidikan di perguruan tinggi Islam dinamakan Fakultas Tarbiyah. Konsep tarbiyah merupakan salah satu konsep pendidikan Islam yang penting. 

Kata *tarbiyah* berasal dari bahasa Arab yang diambil dari kata kerja (fi'il) berikut: 1. *Rabba-Yarubbu* yang berarti tumbuh, bertambah, berkembang. 2. *Arba-Yarba* yang berarti tumbuh menjadi lebih besar, menjadi lebih dewasa. 3. *Rabba-Yurabbi* yang berarti mengatur, mengurus, mengelola, mendidik. Dengan demikian, konsep tarbiyah merupakan proses mendidik manusia dengan tujuan untuk memperbaiki kehidupan manusia ke arah yang lebih sempurna, baik dilihat sebagai proses mendidik maupun proses mengurus, mangatur, dan mengelola supaya kehidupan berjalan dengan baik dan benar. 

Kata *Rabb* dalam ayat *Rabbil'alamin* mengandung pengertian bahwa Allah SWT bukan saja mempunyai sifat sebagai Tuhan, tetapi juga sebagai Pendidik. Allah SWT mendidik manusia agar mengikuti jalan yang lurus dan yang diridhaiNya dengan melakukan semua perintahNya dan menjauhi semua laranganNya supaya meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. 

Dan untuk melaksanakan tugas dan perintah tersebut, Allah SWT mengutus para nabi dan rasul untuk menyampaikan pendidikan kepada manusia di muka bumi ini. Selain Allah SWT sebagai Pendidik, manusia juga boleh menjadi pendidik berdasarkan firman Allah SWT dalam QS Al-Isra' (17): 24, *"Wahai Tuhanku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua mendidikku sewaktu kecil."*

Berdasarkan ayat di atas, jelaslah bagi kita bahwa konsep tarbiyah digunakan dalam konteks pendidikan manusia. Tarbiyah dapat digunakan untuk istilah pendidikan sejak dalam buaian ibu sampai akhir kehidupan di dunia yang menyentuh seluruh aspek pendidikan secara holistik, baik pendidikan fisik, intelektual, emosional, maupun spiritual.

Penulis adalah :
1) Wakil Ketua PCM Babat 
2) Anggota MPK PDM Lamongan 
3) Sekretaris MUI Kecamatan Babat 
4) Penyuluh Agama Islam Kecamatan Babat 
5) Perwakilan Travel Umroh & Haji Plus PT Tursina (Tur Silaturrahim Nabi)(Sudono Syueb/ed)

Selasa, 2 Dzulqa'dah 1441 H 
23 Juni 2020 M 

http://t.me/kajianAmrozi

Post a Comment

0 Comments