About Me


Dodolit Dodoli Pret: Lagu Anak Anak Tahun 1960an


Oleh: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com Dulu, tahun 1960an, saya sering mendengarkan
Lagu anak anak  yang liriknya seperti ini:

Dodolit dodoli pret
Wak kaji numpak oplet
Disogok silite kepet

Lagu itu populer sekali saat itu, saya dan teman teman yang lahir sebelum tahum '60, saat itu juga sering menyanyikannya hingga hapal sampai sekarang 
Waktu itu tidak tahu makna dan filosofi lagu Dodolit dodoli Pret itu, karena viral saat itu ya ikut nyanyi rame rame.
Setelah tahun 1965 yang kelabu itu, saya dilarang nyanyi lagu itu oleh guru ngaji kami. Karena lagu itu, kata guru ngaji kamu, menghina dan mengolok olok syariat lslam tentang Menunaikan lbadah Haji. Di mana orang orang lslam yang telah menunaikan Haji diolok olok silitnya Kepet. Silit kepet adalah sebuah istilah untuk orang yang habis BAB tapi tidak cebok atau istinjak bauk dengan air atau batu dll.
Padahal lslam sangat memperhatikan kebersihan dan kesucian/thoharoh. Maka sangat tidak mungkin orang orang lslam tidak faham kesucian/thoharoh 
Diduga yang mempriduksi lagu itu adalah orang orang yang anti agama, orang orang yang selama itu mengatakan bahwa agama adalah candu. Orang orang seperti itu lazim disebut atheis- komunis. 

Tadi malam saya iseng googling lagu anak anak atau nyanyian rakrat dengan kata kunci Dodolit dodoli pret, muncullah lagu Dodili Dodoli Pret, tanpa ada abjat "t'" dalam kata dodoli dan liriknya baru.

Lirik lagu  DODOLI DODOLI PRET versi baru itu adalah sebagai berikut:

Dodoli dodoli pret
Suara mobilku
Rodanya dari karet
Warnanya biru
#
Dodoli dodoli pret
Nyetir sendiri
Disetop pak polisi
Ku harus b'renti
     *******
Mungkin saja pencipta lagu ini diilhami oleh lagu anak anak tahun 60an dulu.

Post a Comment

0 Comments