About Me


Tidak Ada Silang Pendapat Antara NU & Muhammadiya Prihal Shalat ld


Laporan: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com Selama ini dikesankan seolah olah ada silang pendapat antara PWNU Jawa Timur dengan PP Muhammadiyah tentang shalat ldul Fitri tahun 2020 pada saat pandemi covid 19 ini. 
Sebetulnya tidak ada silang pendapat itu. Kenapa? Karena Surat Himbauan PWNU Jawa Timur no 671/PW/A-II/L/V/2020 itu hanya  ditujukan kepada Pengurus Cabang NU se Jawa Timur alias hanya untuk warga NU saja, bukan kepada seluruh umat lslam Jawa Timur, apa lagi seluruh lndonesia.
Demikian juga Surat Edaran PP Muhammadiyah hanya ditujukan kepada warga Muhammadiyah saja.
 Seperti dalam Surat Edaran PP Muhammadiyah yang ditanda tangani oleh Haedar Nashir, selaku Ketum, dan Agung Danarto selaku Sekretaris pada tanggal 14 Mei 2020, dijelaskan bahwa umat Islam, khususnya warga Muhammadiyah, bisa menggelar salat Idul Fitri di kediaman masing-masing bersama anggota keluarga dengan rukun yang sama. Surat itu juga menegaskan bahwa dengan meniadakan gelaran salat Idul Fitri di lapangan maupun di masjid karena ancaman Covid-19 tidak berarti mengurang-kurangi agama.(cnnindonesia.com)

Jadi tidak ada silang pendapat antara NU dan Muhammadiyah karena Surat Himbauan PWNU Jatim itu hanya ditujukan pada Warga NU. Demikian juga Surat Edaran Muhamnadiyah itu juga hanya ditujukan pada warga Muhamnadiyah.  Dua Ormas lslam itu punya wilayah keanggotaan masing masing. 
Ummat sendiri silahkan memilih, yang warga Muhammadaiyah silahkan ikut Muhammadiyah, tidak shalat ldul Fitri di lapangan atau di masjid tapi di rumah saja, tanpa menyindir atau ngerasani tetangganya yang shalat ldul Fitri di lapangan atau di masjid, begitu juga sebaliknya, yang Warga NU silahkan shalat ldul Fitri di masjid tanpa ngerasani tetangganya yang shalat di rumah. 
Dibuat santui saja gaeees. Semoga kita semua warga Muhammadiyah dan NU sehat selalu dan dalam lindungan Allah. 
Selamat Hari Raya Idul Fitri. Kullu 'amin wa antum bikhair. Mohon maaf lahir dan batin.

Post a Comment

0 Comments