About Me


S E D I H


Oleh: Abdullah Mukti

Harianindonesiapost.com
Bismillaahirrohmaanir rohiiim.

Kemenangan yang diberikan Alloh kepada kaum muslimin pada tanggal satu syawwal tahun 1441 H yang bertepatan dengan tanggal 24 april tahun 2020 M ada sekelompok orang islam yang takut untuk merayakannya. Ada yang malu. Ada 
Yang mengumandangkan takbir tahmid dengan sembunyi sembunyi.

Karena takut ancaman corona, mereka tidak berani datang ke masjid sebagai rumah Alloh yang bersih dan suci, juga ke tanah lapang sebagai bumi Alloh yang semata mata diciptakannya dalam keadaan suci dan untuk bersujud  (melaksanakan sholat) , padahal sudah ada panduan dan arahan dari MUI juga ahli kesehatan (mengikuti protokol kesehatan) yang pada akhirnya ada yang sholat idul fithri di rumah.
Begitu juga kepada tetangga terdekat mereka masih ragu dan sedikit takut tertular dan menularkan corona. Apakah kita ini masih tidak percaya dengan protokol kesehatan ?

Masalah takut, semua orang pasti mempunyai rasa takut termasuk saya, tapi saya rasa tidak perlu berlebihan. Yakinlah selama kita mengikuti sunnah Rosululloh saw dan  melaksanakan arahan protokol kesehatan, insyaa Alloh selamat dari keganasan corona. 

Melihat kondisi saat ini saya merasa SEDIH
melihat  banyak masjid kebanggaan saya ditutup. Silaturrohim sedikit agak terputus sehingga suasana benar benar berubah. Yang biasanya ramai, semarak diperkampungan, kini sepiiii hanya satu dua tetangga yang berkunjung untuk silaturrohiim.

Sebenarnya siapa sih yang paling kita takuti ?
Siapa sih yang berhak mengancam  itu, makhluq atau Al Kholiq ?
Yang kita anut dan kita ikuti dalam urusan ibadah mahdloh khususnya itu siapa sih ? Ulama' atau pimpinan ?
Yang diakui sebagai ulama' itu siapa sih ?
Tentunya kita percaya dawuh Nabi saw Al Ulamaa-u warotsatul anbiyaa-i (العلماء ورثة الانبياء) .
Ulamak itu adalah pewarits dari para Nabi.
Alloh swt juga berfirman : انما يخشى الله من عباده الماء.
Sesungguhnya yang takut kepada Alloh di antara hamba hambaNya hanyalah ulamak.

Saudara saudaraku ! Apa dan bagaimana solusinya untuk mengembalikan suasana  bisa kembali seperti semula ? Saya khawatir dan takut hal ini bisa berlanjut, mungkin memang ada yang berusaha untuk melanjutkan supaya cahaya dan ruh islam ini redup dan akhirnya kalah. Ya tentunya semoga tidak akan terjadi. 
Mudah mudahan Alloh segera memberikan jalan keluarnya sesuai janjinya
ومن يتق الله يجعل له مخرجا
Barangsiapa yang bertaqwa kepada Alloh niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar . 
QS. At tholaq ayat 2. 
Aamiiin yaa robbal 'aalamiiin.(sudono syueb/ed)

Post a Comment

0 Comments