About Me


S E D E K A H


Oleh: Abdullah Mukti

(Alumni Ponpes YTP, Kertosono)

Bismillaahirrohmaanirrohiiim.

Harianindonesiapost.com Tema di atas,  sengaja saya menggunakan  istilah jawa     karena sudah melekat di hati  kita.
Sedekah adalah  salah satu amalan orang    islam yang   bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Maka Nabi mengingatkan dengan sabdanya :
ما نقص مال من صدقة
Harta yang dizakati   tidak akan berkurang (HR. Muslim.)
Memang, belum    ada bukti ahli sedekah itu merasa  hartanya berkurang bahkan mereka bilang kalau absen sedekah hartanya tidak pernah tambah.
Saya punya teman dulunya beliau ini guru  saya, lama lama jadi teman dan satu profesi. Beliau punya  yayasan yang sudah lama  dikenal di  masyarakatnya yang diberi   nama " ALBURHANI "  beralamat di Purwoasri Kediri. Beliau aktif dalam kegiatan al-lslam, juga dalam acara yang   diadakan di ponpes Ar    roudlotul 'ilmiyah, Kertosono. 
Yayasan ini      mendirikan Madrosah  Ibtidaiyah. Ingat saya namanya sama dengan  nama yayasan. Fasilitas dan     sarana prasarana dibiayai sendiri. Seragam siswanya sebanyak enam kelas dibelikan Yayasan (3 stel untuk  enam hari).    SPP gratis. Sopir antar jemput siswa digaji oleh Yayasan.
Saya tanyakan kepada beliau :    Pak, dananya
dari mana ? Jawabnya, ya uang pribadi. Apa lama lama nggak habis ?, tanyaku. "Ya itu yang membuat   saya repot", jawabnya.
Kok repot ?, selaku
Begini lo, katanya,   harta saya, sengaja saya obral supaya cepet habis, selesai sudah kuwajiban saya. Eee.. ternyata harta saya tambah   terus, sumbangan malah   terus berdatangan  tidak bisa nolak. Kemarin dapat bantuan   empat puluh juta, terpaksa  bikin gedung lagi. Dan alhamdulillah beliau sampai sekarang hidup damai  sejahtera
bersama istri dan    semua anak cucunya.
Saya pernah    membaca sebuah cerita  seseorang dari Kediri  yang namanya H. IHSAN. Bu
kan Pak Ikhsan  alumni YTP yang sekarang ini juragan  rumah    makan khas masakan  kediri di Surabaya. Beliau ini  seorang petani sukses. Beliau dikaruniai harta  yang melimpah.   Sawahnya di mana mana. Sawah itu tidak dikelola sendiri, tapi diserahkan kepada orang lain.  Singkat cerita, ada salah    seorang pengelola mengambil hasilnya untuk dijual, kemudian dilaporkan orang kepada beliau. Beliau tidak memberi sanksi, justru beliau merasa senang  kalau ada yang mau   memanfaatkannya dan dido'akkan semoga barokah. Sebagiannya  ada  yang sudah lama    dihajikan. Saudara saudara,     ini sekedar sebuah cerita yang  saya saksikan dan saya baca untuk kita   ambil sebagai ibroh. Saudara, saat ini kondisi kita dalam  keadaan benar benar krisis   dalam segala bidang. Maka saudara saudara yang ditakdirkan     Alloh hidup dengan     serba 
kecukupan bahkan lebih, jadikan momen ini untuk menambah    kebahagiaan dunia  dan akhirat. Semoga dunia saudara saudara  saya selalu mendapat  barokah dan ridlo        Alloh SWT. Aamiin.

Post a Comment

0 Comments