About Me


Muhammad Yusuf AB Imam Muda Masjid Baitul Mahmud Griya Bhayangjara


Laporan: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com Bulan ramadhan tahun 2020 ini, Yayasan dan takmir masjid Baitul Mahmud
mulai mengkader imam muda dari Remaja Masjid (Remas) Baitul Mahmud itu sendiri. Mereka dikasih kesempatan untuk jadi imam shalat jahr, yaitu shalat naghrib, isya'- trawih-witir dan subuh.

Salah satunya adalah ananda Muhammad Yusuf Andi Baharuddin, panggilan akrabnya Yose.
Ananda Yose ini setelah lulus SDI  lalu melanjutkan SMP di pesantren Al Irsyad, Batu, Malang, Jatim.   
Sejak TK, ananda Yose ini selalu diajak kedua orang tuanya ke masjid Baitul Mahmud. Maklum, kedua orang tua Yose adalah Pegiat Masjid. Ibunya yang bernama Dra. Ec. Ellis, adalah seorang ustadzah TPQ masjid Baitul Mahmud dan abahnya, bapak Drs. Ec. Budianta adalah salah seorang Pegiat Masjid Baitul Mahmud. Pak Budi, panggilan akrabnya, adalah lmam tetap masjid Baitul Mahmud, sejak masjid ini berdiri tahun 2000an sampai sekarang. Beliau juga termasuk perintis berdirinya masjid Baitul Mahmud bersama ust. Drs. Mas"ud Allahuyarham, Dr. Gatot Sulanjono, ust. Drs. Halim, bpk. Suparlan, bpk Sudono dll. Pak Budi juga pernah jadi ketua Takmir Masjid Baitul Mahmud tahun 20O5-2010 20. Menggantikan ust. Mas'ud Allahuyarham. Tahun 2010 pak Budi pernah jadi ketua pembangunan masjid Baitul Mahmud tahap ke 2, dan kini jadi Ketua Yayasan masjid Baitul Mahmud periodr kedua.

Tumbuh dari bapak ibu pegiat dan pecinta masjid, maka ananda Yose tumbuh jadi anak  yang menyintai masjid. Setiap shalat 5 waktu ananda Yose selalu ke masjid, dan jadi santri TPQ masjid Baitul Mahmud sampai lulus SD.
Maka selanjutnya Yose tumbuh jadi remaja yang menyintai masjid.
Kecintaan Yose pada masjid semakin kuat karena setelah lulus SDl Al-Chusnaini, Masangan Kulon, Sukodono, tahun 2015, dia melanjutkan ke SMP Pondok  Al lrsyad, Batu, Malang، selama 3 tahun. Setelah lulus SMP Al-lrsyad, Batu, tahun 2018, Yosse melamjutkan ke SMA Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto, Jatim dan sekarang duduk di kelas 12.


Ketika pengkaderan lmam masjid Baitul Mahmud ini, takmir beri kepercayaan Yose jadi imam.
"Ini pengalaman pertama saya jadi lmam shalat jahr. Ada sedikit perasaan gimana gitu, tapi karena dorongan kedua orang tua saya, jadi percaya diri. Sekarang ini kesempatan saya belajar jadi lmam di masjid yang saya cintai, masjid Baitul Mahmud, masjid tempat saya belajar alif ba' ta' dan belajar shalat", papar Yose pada penulis.

Lebih lanjut Yose katakan, terimakasih bapak Dr. Lukman Arief selaku ketua Takmir dan bapak Budianta selaku ketua Yayasan Masjid Baitul Mahmud yang telah memberi kesempatan dan kepercayaan saya untuk belajar jadi lmam shalat di masjid Baitul Mahmud.

Post a Comment

0 Comments