About Me


Mengenang Didi Kempot Lewat Tembang Stasiun Balapan Solo


Ole: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com Setiap kali saya melewati stasiun Balapan Solo,  seolah olah melihat bayangan kamu berdiri melangkolik menatap seorang gadis cantik berjalan tergesa gesa menuju gerbong kereta api meninggalkan kamu sendiri sambil menatap sendu gadis itu yang acuh padamu.

"Ning Stasiun Balapan
Kuto Solo Sing Dadi Kenangan
Kowe Karo Aku
Naliko Ngeterke Lungamu
Ning Stasiun Balapan
Rasane Koyo Wong Kelangan
Kowe Ninggal Aku", demikian jerit batinmu kisahkan elegi cintamu pada seorang gadis pujaanmu. Betapa sayang dirimu pada gadis itu.

Kesedihanmu begitu membuncah sehingga tak kamu sadari air matamu menetes basahi pipimu, kamu lambaikan lemah tanganmu sebagai isyarat selamat jalan,

"Ra Kroso Netes Eluh Ning Pipiku
Da... Dada Sayang
Da... Slamat Jalan"

Kamu masih ingat betul bahwa kekasihmu itu pergi hanya sebentar tak sampai sebulan. Kau izinkan. Berharap kamu bisa ketemuan lagi dengan gadis pujaan. 
Tapi janji tinggal janji. Gadismu pergi tak pernah datang lagi. Kabar pun tak terkirimi,

"Janji Lungo Mung Sedelo
Jare Sewulan Ra Ono
Pamitmu Naliko Semono
Ning Stasiun Balapan Solo
Janji Lungo Mung Sedelo
Malah Tanpo Kirim Warto
Lali Opo Pancen Nglali"

Kendati brgitu, kamu masih selalu menanti, gadis yang kamu cintai, berharap dia kembali satu saat nanti, untuk penuhi janjinya sendiri. Karena dia pergi, katanya, hanya  sebentar sekali,

"Yen Eling Mbok Enggal Bali
Ning Stasiun Balapan
Kuto Solo Sing Dadi Kenangan
Janji Lungo Mung Sedelo
Jare…"

Karena dia tak pernah kembali, kamu berusaha mencari dan mencari. Kau tinggalkan semua aset dan atribut diri. Tak perduli lagi pada keluarga dan sobat ambyarmu. Kau pamit pergi untuk mencari-Nya, dan tak mungkin kembali lagi. Kini jutaan sobat ambyarmu melepas dirimu dengan sedih, berderai air matanya basahi pipi dan bumi di mana kamu sedang terbaring sunyi.
Selanat jalan Sang Legendaris Campursari, semoga kamu bahagia di sisi Ilahy Yang Maha Kasih.
Aamiin.

Post a Comment

0 Comments