About Me


LIHATLAH KEBAWAH KAU AKAN BAHAGIA


Oleh: Kasdikin

Editor: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com “Lihatlah kepada orang yang lebih rendah dari kalian dan janganlah kalian melihat kepada orang yang lebih tinggi dari kalian, karena yang demikian ini (melihat ke bawah) akan membuat kalian tidak meremehkan nikmat Allah yang telah diberikan kepada kalian.” [HR. al-Bukhari, no. 6490 dan Muslim, no. 2963].

Dalam hidup ini pasti banyak masalah yang kita hadapi, mulai dari masalah fisik, materi  bahkan situasi yang ada diluar diri kita  lainnya, yang mempengaruhi emosi dan kejiwaan. Sehingga kita banyak berkeluh kesah, tentang kekurangan, dan masalah di saat Allah menguji dengan berbagai macam masalah dalam hidup.  

Hadits di atas mengajarkan kepada kita agar kita menjadi orang yang berbahagia. Hadits ini juga mengajarkan kita bahwa dalam masalah dunia hendaknya kita melihat kebawah. Bagaimanapun kekurangan kita dalam masalah dunia, bisa dipastikan akan ada orang yang mengalami  kekurangan yang lebih dari apa yang kita rasakan, maka lihatlah kebawah.
Melihat orang yang di atas kita hanya akan membuat kita merasakan kekurangan disemua kondisi, bahkan  leher kita menjadi “pegal”, bahkan akan muncul penyakit hati seperti dengki, iri hati, bahkan bisa kufur terhadap nikmat yang diberikan Allah,  dan pada akhirnya adalah menyalahkan takdir Allah.

Lihatlah kondisi kita sekarang yang dalam keadaan bugar dan  sehat. Lihatlah ke bawah, berapa banyak saudara kita yang menderita dalam kondisi sakit, berapa banyak saudara kita yang terkapar di atas tempat tidur tanpa bisa bergerak sama sekali,  karena sakit yang begitu lama ia derita. Dan  berapa banyak orang yang cacat tubuhnya sehingga aktifitasnya tidak semudah yang kita lakukan. Lihatlah kebawah, saudara kita yang   keadaannya lebih menderita dari apa yang kita rasakan, tentu engkau akan tahu betapa mereka jauh lebih susah dari pada apa yang anda rasakan.  Maka lihatlah kebawah karena engkau lebih beruntung dari mereka.
Ingatlah bahwa kekayaan harta bukanlah segala-galanya. Lihatlah disana, ada Rumah-Rumah  yang mewah, pagarnya yang begitu tinggi, prabotnya begitu lengkap dan mahal, maka dengarkan dengan seksama, maka disitu pasti ada tangis dan derita didalamnya. Juga lihatlah disana ada banyak gubuk yang  reot,  yang semua serba keterbatasan, maka dengarlah dengan seksama,  disitu pasti ada senyum dan tawa didalamnya. 
Lihatlah kebawah, nanti engkau akan merasakan betapa kesehatan yang diberikan Allah kepadamu adalah kenikmatan yang mahal dan tak ternilai, yang diimpikan oleh semua orang. Tetapi kita sering lupa dengan nikmat sehat itu, sebagaimana sabda Nabi SAW “Dua kenikmatan yang banyak orang tertipu didalamnya yaitu kesehatan dan waktu luang” (HR. Bukhori no. 6412)

Jika nikmat kesehatan saja belum bisa membuat kita menjadi orang berbahagia,  dan  mata melirik kenikmatan-kenikmatan lain yang dimiliki  oleh tetangga dan orang lain, maka kapankah kita bisa menjadi orang yang berbahagia. Maka coblah melihat ke bawah,   engkau akan bahagia.  Wallahu A’lam.

Penulis alumni Ponpes YTP, Kertosono dan Kepaka KAU Kecamatan Rengel, Tuban

Post a Comment

0 Comments