About Me


Kenapa Kader PAN Membully MAR?


Laporan: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com "Kemarin kami  bincang-bincang di Warkop Haji Anto di Kendari.  Pertanyaan saya adalah kenapa begitu gampang kader PAN membully MAR, Apakah mereka itu tidak kenal siapa itu MAR ?", kata lrdan dalam grup WA Loyalis MAR membuka diskusi tentang luaran perkaderan PAN.

Lebih lanjut lrdan sampaikan,  pertanyaan saya direspon Mas Ova. Dia menjawabnya dengan data seperti ini, “Beberapa tahun ini saya keliling indonesia untuk perkaderan di PAN. LKAD maupun LKAM yang peserta nya 90% pengurus DPD atau DPW serta anggota DPRD”.

Ketika masuk kelas , kata mas Ova,  saya selalu mengajukan pertanyaan, (1) Siapa yg umurnya kurang dari 35 tahun. (2) Siapa yg jadi Kader PAN kurang dari 5 tahun, (3). Siapa yg sebelum masuk PAN sudah pernah jadi kader Partai lain. 

Hasilnya, kira-kira 35%  berumur kurang dari 35 tahun. Itu berarti saat Reformasi masih SMP . Gak, terlibat peristiwa 98, 30 % lainya pindahan dari partai lain.  Dan 15 % bergabung dengan PAN semenjak awal atau setidaknya sudah lebih dari 10 tahun .

Jadi kira-kira 75 % kader PAN yang ikut LKAD tidak paham tentang sejatinya PAN apalagi sosok MAR. Itulah kira-kira hasil konsolidasi organisasi yang telah dilakukan oleh para elit PAN beberapa tahun ini dari pusat hingga di daerah. Apakah ini alami atau by desain ? Entahlah.

Mas lbrahim Arsyad, salah satu anggota instruktur PAN  ikut nimbrung mengurai benang kusut perkaderan. Dia katakan, Logis. artinya, materi perkaderan kurang menggigit, terutama materi sejarah PAN.
Juga prakondisi training. Dalam prakondisi, itu ada pelurusan motivasi, ini yg biasanya kurang menggigit. Target utama LKAD adalah : perubahan sikap mental kader, jika tidak ada perubahan sikap mental, berarti gagal. Nah, untuk memperbaiki sikap mental, harus ada materi : "paradigma dan ideologi partai".. PAN tidak punya rumusan ini.

Lebih lanjut lrsyad katakan , Bukan by design, tetapi konsekuensi alih generasi.. Supaya nyambung, materi perkaderan penting untuk menjelaskan suasana terkait kesejarahan dan proses perjuangan para pendiri PAN.

Post a Comment

0 Comments