About Me


I'TIKAF


Oleh : Zainul Muttaqin Sa'i

(Alumni YTP، Kertosono)

Harianindonesiapost.com BULAN ROMADHON yang ditunggu-tunggu umat islam yaitu malam " Lailatul Qodar ", dimana sabun dari langit turun kebumi pada malam yang ganjil, 21,23,25,27,29 menggosok ruh dan jasmani manusia. Setelah selesai mandi sabun lailatul qodar manusia itu menjadi suci seribu bulan masanya. 

Lailatul qodar metodenya dengan melalui jalan i'tikaf dimasjid. Dengan niat semangat penuh rasa cinta. Membuka pintu masjid dimalam yang ganjil atau dimalam 20 romadhon sampai hari-H takbir hari raya dikumandangkan. Bahwa yang kita siapkan perbekalan sholat,dzikir,murojaah ayat suci alqur'an mengharap imbalan dimandikan oleh Alloh dengan sabun lailatul qodar.

Dan ciri-ciri orang yang sudah mandi sabun lailatul qodar. Perjalanan hidupnya menjadi lurus berbaju iman nan taqwa. Asalnya bertelanjang bulat kemaksiatan berbagai hal, tetapi perbuatannya berubah total tidak tanggung-tanggung semua aspek. Sholat lima waktunya rajin,puasanya rajin,zakat shodaqohnya rajin, belajar alqur'an hadistnya rajin, pema'afnya tinggi,kasih sayangnya sejati, bahasanya menyenangkan sekali, jujurnya luar biasa, berumroh berhaji bila mampu dll bagai orang sucilah tetapi tidak dibuat-buat (Cesyng saja) dan masa langgengnya kesucian nurani ini seribu bulan. Kalau toh salah atau berdosa itu bagai seseorang kena debu saja. Wajar namanya kehidupan banyak lalu lalang segala macam polusi. Akan tetapi hanya sekedar polusi debu bukan polusi kotoran babi yang ditendang angin ribut.

   Dan orang-orang yang mendapat nobel sabun lailatul qodar cukup kena bajunya polusi debu. Sedang orang yang gagal atau belum mendapatkan nobel sabun lailatul qadar bisa kena polusi kotoran ayam dan sejenisnya. Yang berat itu manusia kena polusi kotoran babi yaitu manusia munafik dan kafir (Naudhubillamindzalik).

I'tikaf dan lailatul qodar adalah inti sari akumulasi peribadahan kita setiap detik,menit,jam,bulan teraplikasi ketahun, setahun bernama Bulan Romadhon.

Pertanyaannya sudahkah kita suci setelah bulan Romadhon ...?!.
Mudah-mudahan kita semuanya mendapatkannya, Amin .(Dudono Syueb/ed)

Lamongan Sedayulawas, 15052020

Post a Comment

0 Comments