About Me


ISLAM KEMBALI ASING


Oleh: Abdullah Mukti

(Alumni Ponpes YTP, Kertosono)

Bismillahirrohmanirrohiiim.

Harianindonesiapost.com Di awal islam datang yang diterima Nabi Muhammad saw, tidak  banyak yang mengimani kecuali keluarga terdekat Nabi, di antaranya Ibunda Khodijah, Abu Bakar As shiddiq. Agama islam yang dibawa Nabi dianggap aneh maka banyak yang mengolok olok bahkan mengatakan Muhammad sudah gila. Karena situasi belum aman dalam menjalankan dakwahnya, Nabi Muhammad saw diperintah Alloh berdakwah dengan sembunyi sembunyi kepada kekuarga terdekat

وآنذر عشيرتك الا قربين .
"Dan berilah peringatan kepada kerabat kerabatmu yang terdekat."
QS. As syu'aro' 214.
Keluarga terdekat itu ialah keluarga serumah, kelompok atau teman sepergaulan yang terdekat.

Seiring berjalannya dakwah Nabi mulai bertambah banyak orang orang quraisy yang mengikuti dakwahnya,
maka Alloh memerintahkan Nabi untuk berdakwah dengan terang terangan.

فاصدع  بما تؤمر وآعرض عن المشركين. انا كفيناك المهتهزئن . الذين يجعلون مع الله الها  ءآخر فسوف يعلمون .
"Maka sampaikanlah secara terang terangan segala apa yang diperintahkan dan berpalinglah dari orang orang musyrik.
Sesungguhnya Kami memeliharamu dari para pengolok olok. Orang orang yang menganggap ada tuhan yang lain di samping Alloh,maka kelak mereka akan mengetahui."  
QS. Al hijr 94, 95, 96.

Karena dakwah yang dilaksanakan Nabi selama ini telah mengundang aneka gangguan, dan tentu akan lebih menjadi jadi setelah dilaksanakan dakwah sebelumnya, maka Alloh memberi kabar gembira yaitu sesungguhnya Kami , yakni Alloh swt bersama makhluk makhluk lain yang Alloh tugaskan memeliharamu wahai Nabi Muhammad dari kejahatan para pengolok olok . 

Karena kekhawatiran perkembangan Islam semakin cepat dan dahsyat sehingga mampu nenggeser tradisi dan keyakinan kafir quraisy, maka ancaman, kekerasan dan penyiksaan yang dilakukan kafir quraisy terhadap  pengikut Nabi semakin gencar seperti yang dialami oleh Bilal bin Robah, Habab bin Ars, termasuk terhadap Sumaiyah yang dalam sejarah Islam Sumaiyah ini dinyatakan sebagai syahidah yang pertama.

Dengan semakin beraninya Nabi berdakwah dan didukung dengan masuk Islamnya Umar ibnu Khoththob, maka semakin cepatlah Islam tersebar keseluruh  penjuru dunia.
Namun Nabi telah mengingatkan ummatnya, bahwa Islam akhir zaman kondisinya akan kembali seperti semula.

يآتى على الناس زمان الصابر فيهم على دينه كالقابض على  الجمر
"Kelak akan datang pada manusia suatu masa, dimana orang orang yang sabar berpegang teguh pada agamanya, mereka seperti memegang bara api."
HR. At Tirmidzi dari Anas ra.
Hadits tersebut memberi keterangan kepada kita akan datangnya suatu masa , dimana pada masa itu orang orang Islam mengalami suatu dilemma (keadaan yang serba sulit), pada masa itu orang orang Islam dikepung perbuatan perbuatan yang bertentangan dengan syari'at Islam,sedang umat Islam hidup di tengahnya. Kalau umat Islam mengikuti,berarti mereka meninggalkan syari'at Islam. Dan kalau mereka berpegang teguh pada syari'at Islam,mereka diteror psychologis atau mendapat ancaman, dikatakan kolot, pengecut, pengkhianat, mabuk agama dan sebagainya, hingga bisa dikatakan: 
" mundur kena, maju kena ". 

ان الدين بدآ غريبا ويرجع غريبا كما بدآ فطوبى للغرباء الذين يصلحون ما افسد الناس من بعدى من سنتى .
"Sesungguhnya Islam itu pada mulanya asing(tidak dikenal) dan kelak akan kembali asing lagi seperti semula,maka berbahagialah orang yang asing, yaitu mereka yang memperbaiki apa yang dirusak manusia dari sunnahku pada masa setelah aku nanti."
HR. At Tirmidzi dari Katsir bin Abdillah dari ayahnya dari neneknya ra.
Pada saat itu nanti banyak propaganda, banyak ceramah,farwa dengan bumbu yang manis dan lezat sehingga kelihatannya benar dan cocok untuk diikutinya, apalagi dari seorang tokoh atau 
pimpinannya. Bahkan mereka bersikukuh membela fatwanya walaupun dirasa sedikit menyimpang karena takut dicap sebagai pengkhianat, pengecut, mabuk agama dan sebagainya. Maka kata Nabi berbahagialah orang yang dicap asing,aneh,mbandel ,
pengkhianat,pengecut,mabuk agama karena tetap menjalankan dan memperbaiki sunnah Nabi yang telah dirusak dan ditinggalkan manusia di masa utu.

Di akhir tulisan ini ayo kita perhatikan kondisi saat ini, apakah sudah mulai ada tanda tanda Islam mulai kembali asing atau memang sudah kembali asing ? 
Untuk menjaga Islam, mari kita lebih giat dan bersemangat mempertahankan dan menjalankan sunnah Nabi agar syiar Islam tetap semarak di bumi kita Indonesia, juga di kampung kampung kita dan kita akan memperoleh kebahagiaan di akhirat nanti.
Semoga Alloh selalu memberikan kekuatan dan menolong kita dalam membela Islam. Aamiiin.(Sudono Syueb/ed)

Post a Comment

0 Comments