About Me


AKHIR ZAMAN (1)


Oleh: Abdullah Mukti

(Slumni YTP, Kertosono)

Harianindonesuapost.com
Bismillaahirrohmaanir rohiiim.

Di saat ini tidak hanya saya yang merasakan keanehan keanehan yang terjadi di zaman now . Apakah ini semua sebagai pertanda akhir zaman ? Tentunya Alloh Yang Maha Tahu. Tapi Alloh Maha Adil, manusia diberi hak untuk mencari tahu dengan ilmu dan akalnya yang sehat.

Untuk itu mari kita simak beberapa info dari Nabi saw tentang tanda tanda akhir zaman sebagai berikut tentunya hanya sebagian :

1. قال رسول الله ص. ان ناسا من امتى يتفقهون 
 فى الدين ويقرآون القرآءن يقولون ناءتى الامراء فتصيب من دنياهم ونعتزلهم بديننا ولا يكون ذلك كما يجتنى من القتاد الا الشوك كذالك لا يجتنى من قربهم الا الخطايا. رواه ابن ماجه عن عبد الله ابن عباس.
Rosululloh saw bersabda :" Sesungguhnya akan ada orang orang dari umatku yang faham dan ahli tentang urusan agama dan membaca al qur'an,mereka berkata : Kami datang kepada para Raja,biar kami memperoleh keduniaan mereka dan kami tidak akan mencampurkan mereka dengan agama kami". Tidak bisa terjadi hal yang demikian itu,seperti tidak akan dapat dipungut dari pohon yang berduri melainkan duri. Demikian pula,tidak akan dapat diambil manfaat dari mendekatkan diri kepada mereka itu melainkan beberapa kesalahan belaka ".
HR. Ibnu Majah dari Abdulloh bin Abbas.

2. قال رسول الله ص.
 انكم ستحرصون على الامارة وانها ستكون ندامة وحسرة يوم القيامة فنعمت المرضعة وبئست الغاطمة. رواه البخارى والنسائ عن ابى هريرة.
Nabi bersabda:  " sesungguhnya di kalangan kamu nanti akan terjadi ambisi atas kedudukan(jabatan) pemerintahan. Sesungguhnya yang demikian itu akan menjadikan kamu menyesal dan susah pada hari qiyamat. Sebaik baik ibu adalah ibu yang mau menyusui anaknya (artinya sebaik baik penguasa adalah penguasa yang memperhatikan kepentingan rakyat), dan sejelek jelek ibu adalah ibu yang tidak mau menyusui anaknya ( artinya sejelek jelek penguasa adalah penguasa yang tidak mau memperhatikan kepentingan rakyat ". 
HR. Bukhori dan Nasa'i dari Abu Huroiroh .

3. قال رسول الله ص.
 انكم سترون بعدى اثرة وامورا تنكرونها قالوا : فما تاءمرون يا رسول الله ؟ قال ادوا اليهم حقهم فاسئلوا الله حقكم . رواه البخارى ومسلم عن  ابن مسعود.
Rosululloh saw bersabda :" Sesungguhnya, sesudahku nanti kamu akan menyaksikan kediktatoran, dan perkara perkara yang kamu membencinya. Para sehabat bertanya: " Apa yang kau perintahkan kepada kami kalau hal itu terjadi, wahai Rosulalloh ?. Rosululloh saw menjawab : " Berikan kepada mereka hak mereka, dan mohonkanlah kepada Alloh akan hakmu ". 
HR. Bukhori dan Muslim dari Ibnu Mas'ud ra. 

4. قال رسول الله ص.
 ستكون من بعدى امراء يكذبون ويظلمون فمن صدقهم بكذيبهم واعانهم على ظلمهم فليس منى ولست منه ولم يرد على الحوض. رواه انسائ والترمذى والحاكم .
Rosululloh saw bersabda :"Akan datang di kemudian hari nanti, setelah aku tiada, beberapa penguasa yang berdusta dan berbuat aniaya. Maka barangsiapa yang membenarkan kedustaan mereka dan membantu(mendukung) tindakan mereka yang aniaya itu,maka ia bukan termasuk dari pada umatku, dan bukanlah aku dari padanya. Dan ia tidak akan dapat sampai datang ke telaga (yang ada di surga)". 
HR. Nasa'i, Turmudzi, dan Hakim dari Ka'ab bin Ujroh ra.

5. قال رسول الله ص.  ستكون امراء من بعدى ياءمرونكم بما لا تعرفون ويعملون بما تنكرون فليس اولئك عليكم باءمة. رواه الطبرانى عن ابادة بن صامت
Rosululloh saw bersabda : " Kelak sesudahku nanti akan terjadi para penguasa yang memerintah kamu dengan suatu perintah yang kamu tidak mengenalnya. Dan mereka melakukan suatu tindakan yang kamu tidak menyetujuinya. Oleh karena itu mereka tidak pantas menjadi pemimpinmu ". HR. Thabrani dari Ubadah bin Shamit ra. 

6. قال رسول الله ص.  سيلى اموركم من بعدى رجال يعرفونكم ما تنكرون وينكرون عليكم ما تعرفون فمن ادرك ذلكم منكم فلا طاعة لمن عصى الله عز وجل . رواه الطبرانى والحاكم عن ابادة بن شامر.
Rosululloh saw bersabda :" Sesudahku nanti ada penguasa penguasa yang menguasai urusanmu. Mereka mengetahui urusanmu, sedang kamu sendiri tidak mengetahuinya. Mereka menyembunyikan atasmu sesuatu yang menjadi hakmu, sedang kamu mengetahuinya. Barangsiapa menemui kejadian seperti itu, maka janganlah mentaati orang yang berbuat durhaka kepada Alloh Azza Wa jalla ". 
HR. Thabrani dan Hakim dari Ubadah bin Shamit ra. 

7. قال رسول الله ص.  سيليكم امراء يفسدون وما يصلح الله بهم اكثر فمن عمل منهم بطاعة الله فلهم الاجر وعليكم الشكر ومن عمل منهم بمعصية الله فعليهم الوزر وعليكم الصبر . رواه الطبرانى عن ابن مسعود .
Rosululloh saw bersabda :" Nanti kamu sekalian akan dikuasai para penguasa yang selalu berbuat kerusakan, dan Alloh tidak akan banyak  memberikan perbaikan/pertolongan kepada mereka. Barangsiapa di antara mereka taat kepada Alloh, maka bagi mereka akan mendapat pahala dan kamu harus bersyukur. Dan barangsiapa di antara mereka yang berbuat maksiat kepada Alloh, maka mereka akan mendapat dosa dan kamu harus bersikap sabar ".
HR. Thabrani dari Ibnu Mas'ud ra.

8. قال رسول الله ص .
 سيكون فى آخر الزمان شرطة يغدون فى غضب الله ويرجون فى سخط الله فاياك ان تكون من بطانتهم. 
رواه الطبرانى عن ابى امامة .
Rosululloh saw bersabda :" Kelak pada akhir zaman ada pasukan tentara (mata mata), mereka pagi pagi dalam kemurkaan Alloh. Oleh karena itu waspadalah kamu sekalian ! jangan sampai kamu sekalian dijadikan tameng buat mereka ". 
HR. Thabrani dari Abu Umamah ra. 

9. قال رسول الله ص . من اقتراب الساعة كثرة القراءة وقلة الفقهاء وكثرة الامراء وقلة الامناء .
 رواه الطبرانى عن عبد الرحمن الانصارى .
Rosululloh saw bersabda :" Sebagian dari tanda tanda dekatnya hari qiyamat adalah banyaknya bacaan (banyak yang pandai membaca), dan sedikit di antara mereka yang mengerti agama, banyak umaro'  (penguasa) tapi keamanan berkurang ". 
HR. Thabrani dari Abdurrahman Al Anshari ra.

Semoga Alloh selalu melindungi kita dari semua kejadian yang tidak kita sukai. Dan semoga Alloh selalu memberikan kekuatan iman dengan hidayahNya.

Hadits di atas saya kutib dari kumpulan hadits hadits Nabi saw tentang tanda tanda akhir zaman yang disusun oleh Drs. S. Mudjtaba .
Mudah mudahan bermanfaat.
Aamiiin.(Sudono Syueb/ed)

Post a Comment

0 Comments