About Me


A l Q U R ' A N ( 3 )


Oleh: Abdullah Mukti

Bismillaahir rohmaanir rohiiim.

Harianindonesiapost.com Pada terbitan yang kedua Nabi menyebutkan akan terjadi masjid masjidnya mentereng tapi sunyi dari petunjuk dan ulama' mereka paling jahat di antara yang ada di kolong langit dan banyaknya fitnah yang menimpa mereka. Mengapa? Jawabannya ialah karena mereka tidak mengikuti Al qur'an, bahkan mereka ikut melecehkan Al qur'an.

Dalam sabdanya yang lain Nabi mengingatkan apa yang akan terjadi pada Al qur'an di akhir zaman. 

سيخرج اقوام يشربون القرآن كشربهم اللبن .
Kelak akan muncul suatu kaum dari umatku. Mereka meminum Al qur'an seperti meminum susu .
HR. Thobarony dari Uqbah bin Amir ra.

Hadits di atas menerangkan akan datang suatu masa, yang mana di antara umat Islam akan muncul golongan orang yang meminum Al qur'an seperti mereka minum air susu. Yakni, cara mereka membaca Al qur'an itu tidak dengan memikirkan artinya, tidak memikirkan kandungannya, tidak memikirkan tujuannya dan tidak pula diturut hukum hukumnya, akan tetapi mereka itu hanya membaca dalam mulut dan dalam bibir mereka. Seperti keadaan mereka di kala meminum air susu, asal sudah dapat masuk ke dalam mulut belaka. Jadi bacaan mereka itu asal sudah berbunyi dari mulutnya saja.

سيكون  فى آخر الزمان ديدان القراء فمن ادرك ذلك الزمان فليتعوذ بالله منهم .
Kelak pada akhir zaman akan ada ulat ulat qurro' (ahli baca Al qur'an). Barang siapa yang berada pada masa itu, hendaklah ia berlindung kepada Alloh dari mereka. 
HR. Abu Nu'aim dari Umamah ra.
Hadits di atas menerangkan akan lahirnya ahli baca Al qur'an dengan suaranya yang merdu tapi hanya untuk mencari  materi. Mereka tidak sadar bahwa perbuatan mereka itu sebetulnya menghancurkan umat Islam dan Islam itu sendiri padahal Islam itu adalah tempat berlindungnya.Kalau umat Islam mengalami dan menyaksikan keadaan demikian,maka pesan Nabi :" Hebdaklah mereka memohon perlindungan kepada Alloh dari pada perbuatan dan kejahatan mereka ".

Memperhatikan peringatan Nabi di atas, kita sebagai generasi mutaakhkhirin, kita usahakan semaksimal mungkin, jangan sampai kita membaca Al qur'an itu asal baca, hanya mengejar jumlah khatamnya saja, apalagi karena suaranya bagus hanya untuk ditukar dengan materi, tetapi kita tingkatkan untuk mengerti makna dan maksud kandungan Al qur'an serta giat mengamalkannya sehingga Al qur'an tetap terjaga kemurnian dan kesuciannya.
Insyaa Alloh kita akan dicatat sebagai hamba yang selalu menjaga Al qur'an bersama Alloh dan para MalaikatNya.
Semoga kita termasuk ahli surga dari golongan penjaga Al qur'an. 

انا نحن نزلنا الذكر و انا له لحفظون
Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al qur'an, dan sesungguhnya Kami benar benar menjaganya. 
QS. Al hijr  9. 
Al hamdulillaahi robbil 'aalamiiin.(Sudono Syueb/ed)

Post a Comment

0 Comments