About Me


A L - K H O M S


Oleh: Abdullah Mukti

(Alumni Ponpes YTP, Kertosono)

Bismillaahir rohmaanir rohiiim. 

Harianindonesiapost.com Al - khoms adalah kata bilangan dari bahasa Arab. Indonesianya adalah " L I M A ".

Angka lima  adalah termasuk angka gasal atau ganjil yang disenangi Nabi saw.

Angka lima ini mengingatkan saya di masa silam kira kira pada tahun tujuhpuluhan. 
Saat itu penyanyi Orkes Melayu (OM) Rhoma Irama menyanyikan lagunya yang berjudul " L I M A "  dengan syairnya yang beliau ambil dari sabda Nabi saw yang berbunyi sebagai berikut : 

اغتنم خمسا قبل خمس : شبابك قبل هرمك ، وصحتك قبل سقمك ،  وغناك قبل فقرك ،  وفراغك قبل شغلك ،  وحياتك قبل موتك .

Dahulukan lima perkara sebelum datang lima perkara : 
1. Masa mudamu sebelum datang masa tuamu.
2. Masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu. 
3. Masa kayamu sebelum datang masa melaratmu. 
4. Masa senggangmu sebelum datang masa  sibukmu. 
5. Masa hidupmu sebelum datang kematianmu. 
HR. Al Hakim dan Al Baihaqi .

Dalam kehidupan manusia, suatu masa yang menyenangkan itu tidak selamanya dinikmati, tapi akan berubah menjadi suatu masa yang menakutkan. Maka Nabi saw mengingatkan umatnya untuk hati hati dan waspada di masa itu.

Yang pertama di masa muda. Masa ini sangat menyenangkan bagi semua orang. Apa saja, ke mana saja bisa kita lakukan mengikuti alur pikiran dan kemauan kita. Ingat, masa itu bukan masa yang permanen. Suatu saat dengan seiring berjalannya waktu akan berubah secara cepat atau lambat  menjadi masa yang menyakitkan atau merepotkan dirinya juga keluarganya, yaitu masa TUA dimana urat syaraf, otot, tulang dan semua yang di dalam tubuh manusia menjadi kendor, loyo bahkan sakit sakitan. Makan terasa tidak nikmat, tidur tidak nikmat, pokoknya serba tidak nikmat termasuk beribadah kepada Alloh swt. Untuk itu hendaknya masa muda jangan disia siakan agar tidak menyesal di masa tua.

Kedua di masa sehat gunakan untuk hal hal yang positif, sehingga di saat datang masa sakit tinggal menikmati.

Ketiga di masa kaya, banyak harta, bersedekahlah, bantu orang yang membutuhkannya, jika suatu saat datang kemelaratan sudah memilik aset akhirat.

Keempat di masa senggang atau longgar perbanyak amal sholih untuk akhirat, bila datang masa sempit atau sulit kita hanya bisa menambah saja. 

Kelima di masa hidup gunakan untuk apa saja yang baik dan benar sesuai syari'at yang ditentukan Alloh dan Nabi saw sehingga hidup dan kehidupan kita benar benar bermanfaat fid dun-ya wal akhiroh.

Wahai ikhwaan, pergunakan segala kenikmatan yang diberikan Alloh swt, untuk Alloh, untuk diri kita, dan untuk semua manusia. Sabda Nabi saw. 

خير الناس انفعهم للناس 

Sebaik baiknya manusia yaitu mereka yang bisa memberikan manfaat untuk manusia yang lain.(Sudono Syueb/ed)

Post a Comment

0 Comments