About Me


Refleksi Hari Kartini: API PERGOLAKAN PEMIKIRAN R.A. KARTINI

Zubaedah Nasucha

Oleh: Zubaedah Nasucha

(Dosen STPI Bina lnsan Mulya, Yogyakarta)


API PERGOLAKAN PEMIKIRAN R.A.KARTINI

Pemikiran Kartini

Harianindonesiapost.com Kartini harus diakui sebagai orang yang berpikir radikal pada zamannya, dimana pada saat itu perempuan selalu diartikan sebagai underbownya kaum laki  laki. Perempuan hanya merupakan konco wingking sebagai "pelengkap penderita" , hidupnya hanya meliputi "3 sur" ( dapur,sumur dan kasur ).
Kartini mendobrak pemikiran pemikiran konvensional ini dengan gejolak hati dan  pemikiran yang "radikal".
Perempuan bukan sebagai konco wingking, namun  bisa berdiri sendiri baik di belakang maupun di depan ,bahkan perempuan harus bisa menjadi pemimpin di masyarakat.

Masalah dan Solusinya

Tidak ada seorangpun yang terhindar dari permasalahan yang menggelayuti hidupnya. Semua orang akan mengalaminya ,hanya saja bedanya mampukah kita menghadapinya? mampukah kita cari solusinya? .Sudah semestinya kita harus kuat dan tahan banting ,kreatif dan inovatif untuk mendapatkan solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahannya.
Pesan untuk Generasi Muda

Generasi muda harus mempunyai visi atau cita cita luhur yang kuat untuk masa depan dirinya sendiri dan bangsanya . Sejarah membuktikan bahwa mereka yang sejak kecil sudah mempunyai cita cita yang kuat akan lebih sukses dari pada yang tidak jelas cita citanya.
Kemudian untuk mencapai cita cita itu harus dilakukan dengan sungguh sungguh ( man Jadda wa Jadda ).Tentu saja generasi muda harus membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta soft skill yang kuat. 
Jangan lupa selalu bersyukur setiap kali mencapai kesuksesan kesuksesan sekecil apapun sebagai spirit perjuangan  dalam tahapan selanjutnya untuk mencapai cita cita.  

Satu lagi !  Kesabaran sebagai prasyarat untuk mencapai cita cita. Dengan kesabaran ,ketekunan, keuletan , kreasi dan inovasi serta semangat yang tinggi,cita cita akan tercapai.

Kata kunci untuk mencapai kesuksesan : mempunyai cita cita yang luhur , bersungguh sungguh untuk mencapainya, selalu bersyukur dan bersabar.

Pergolakan pemikiran RA Kartini bagaikan bola api yang membakar semangat generasi muda. 

Merdeka  Perempuan Indonesia !(Sudono Syueb/ed)

 @ Zubaedah Nasucha 
(Dosen Bina STPI Bina Insan Mulia, Yogyakarta)

Post a Comment

0 Comments