MUHASABAH KE-54: HAKIKAT BERIMAN KEPADA NABI & RASUL ALLAH SWT (bagian ke-7)


Oleh: Amrozi Mufida

Harianindo esiapost.com 
بسم الله الرحمن الرحيم 

*18. Akhlak dan Sifat Nabi Muhammad SAW*

Ali bin Abi Thalib RA juga berkata (HR Tirmidzi):

a) Nabi Muhammad SAW selalu kelihatan cerah, gampangan, dan halus perasaan, tidak pernah berkata keras dan kasar, tidak mencela dan tidak menyebut aib seseorang, tidak bakhil, tidak mencela terhadap apa pun yang tidak beliau ingini, selalu menghindarkan diri dari tiga hal, yaitu bertengkar, menyombongkan diri, dan melakukan sesuatu yang tidak ada gunanya. 

b) Nabi Muhammad SAW membiarkan orang dalam tiga hal, yaitu tidak mencela atau membuka aib seseorang, tidak mencari-cari rahasia seseorang, dan tidak berkata kecuali yang diharapkan pahalanya. Jika beliau berkata-kata, maka semua yang hadir bersungguh-sungguh mendengarkan dan memperhatikannya, semua diam seolah-olah burung sedang hinggap di masing-masing kepalanya. Apabila beliau sudah diam, baru mereka berbicara. Mereka tidak pernah bertengkar di hadapan beliau. Siapa pun yang berbicara di depan beliau, semua yang hadir ikut mendengarkan sampai yang berbicara selesai. Setiap orang yang berbicara di depan beliau, beliau layani sebagai pembicara pertama dengan penuh perhatian dan tidak memperlihatkan kebosanan. Beliau ikut tertawa apabila orang banyak tertawa. Beliau kagum apabila orang banyak kagum. Beliau sabar mendengarkan pembicaraan seseorang yang kasar atau masalah apa pun yang ditanyakan kepada beliau. 

c) Nabi Muhammad SAW selalu berkata kepada para sahabat, apabila kamu melihat orang datang membutuhkan sesuatu, maka tolonglah. Beliau menerima sanjungan menurut kadarnya, tidak mau disanjung secara berlebihan. Beliau tidak memutuskan pembicaraan seseorang yang berbicara dengan beliau, kecuali apabila orang tersebut berbicara melampaui batas, maka beliau putuskan dengan melarang atau dengan berdiri. 

d) Nabi Muhammad SAW adalah orang paling pemurah, paling dermawan, paling benar perkataannya, paling halus tabiatnya, dan paling hormat dalam pergaulannya. Siapa pun saja yang melihat beliau, dia pasti respek terhadap beliau. Siapa pun saja yang bergaul dengan beliau, dia pasti mencintai beliau. Siapa pun akan berkata tentang keadaan beliau bahwa dia belum pernah sebelum dan sesudahnya melihat orang seperti beliau.


_Wallahu a'lam_

Penulis adalah :
Wakil Ketua PCM Babat 
Anggota MPK PDM Lamongan 
Sekretaris MUI Kecamatan Babat 
Penyuluh Agama Islam Kecamatan Babat 
Perwakilan Travel Umroh & Haji Plus PT *Tursina* _(Tur Silaturrahim Nabi)_

Rabu, 16 Rajab 1441 H / 11 Maret 2020 M

http://t.me/kajianAmrozi

Post a Comment

0 Comments