Socialize

MUHASABAH KE-49: HAKIKAT BERIMAN KEPADA NABI & RASUL ALLAH SWT (bagian ke 2)


Oleh: Amrozi Mufida

Harianindonesiapost.com
بسم الله الرحمن الرحيم 

11. Sifat-Sifat Nabi dan Rasul Allah SWT

Allah SWT memilih dan menentukan siapa yang akan diangkat menjadi Nabi saja atau menjadi Nabi dan Rasul sekaligus. Ini berarti bahwa status sebagai Nabi dan Rasul tidak dapat diusahakan oleh siapa pun. Ini hanya semata-mata pemberian Allah SWT. Akan tetapi, sebelum Dia mengangkat seseorang menjadi Nabi dan RasulNya, Dia sudah mempersiapkan dan memelihara kepribadian orang tersebut. Sehingga orang yang akan diangkat menjadi Nabi dan RasulNya memiliki kepribadian yang sempurna, seperti memiliki jiwa yang utuh, nalar pikiran yang kuat, akhlak yang mulia, garis keturunan yang mulia dan terhormat, dan kondisi masyarakat dia berada, apakah memang memerlukan diutusnya seorang Nabi dan Rasul untuk memperbaiki dan membimbing kehidupan mereka yang sudah sangat jauh menyimpang dari fithrah kemanusiaan. 

Menurut Abu Bakar Jabir Al-Jazairy, seorang Ilmuwan Mesir, dalam kitabnya Aqidah Al-Mukmin, ada tiga prasyarat kepribadian, keturunan, dan kebutuhan masyarakat bagi seseorang yang akan diangkat Allah SWT sebagai Nabi dan RasulNya. 

*1. Al-Mitsaliyah (Keteladanan)*
Seseorang yang akan diangkat menjadi Nabi dan Rasul harus mempunyai kepribadian yang sempurna, baik fisik, akal pikiran, hati nurani, maupun ruhaninya. Dia harus menjadi pribadi yang mulia, terpuji, dan terhormat. Dia harus menjadi panutan, teladan, idola, dan uswah hasanah. Dia harus terhindar dari semua sifat, prilaku  dan tingkah laku yang tidak baik dan tidak terpuji. Oleh karena itu, seorang calon Nabi dan Rasul akan senantiasa dijaga dan dipelihara oleh Allah SWT sejak masa kecilnya. 

*2. Syaraf An-Nasab (Keturunan yang Mulia dan Terhormat)*
Seseorang yang akan diangkat menjadi Nabi dan Rasul harus berasal dari keturunan yang baik, mulia, dan terhormat. Dia harus bebas dari berbagai macam bentuk kerendahan akhlak dan budi pekerti yang akan menjatuhkan martabat, kepribadian, dan kehormatannya. Dia harus orang yang terpandang dan dihormati kaumnya. 

*3. 'Amil Az-Zaman (Dibutuhkan Zaman)*
Seseorang yang akan diangkat menjadi Nabi dan Rasul, kehadirannya memang sangat dibutuhkan, ditunggu, dan dinanti oleh umat manusia untuk mengisi kekeringan dan kekosongan ruhani, memperbaiki kerusakan akhlak, dan mengembalikan umat manusia pada kehidupan yang sesuai dengan fithrah kemanusiaannya. 

Secara umum, seseorang yang akan diangkat menjadi Nabi dan Rasul harus mempunyai sifat-sifat yang baik, mulia, dan terpuji sesuai dengan statusnya sebagai manusia pilihan Allah SWT, baik dalam hablun min Allah maupun hablun min an-nas. Tetapi, secara khusus dia harus mempunyai empat sifat yang erat kaitannya dengan tugas sebagai Nabi dan Rasul Allah SWT yang membawa misi untuk membimbing umat manusia menempuh jalan yang diridhaiNya. 

*1. Shidiq (Benar, Jujur)*
Dia harus selalu berkata benar dan jujur, tidak pernah berbohong dan berdusta. Apapun yang dikatakan seorang Nabi dan Rasul, baik berupa kabar, janji, ramalan masa depan, dan lain sebagainya, harus berisi kebenaran dan kejujuran. Dia tidak boleh memiliki sifat pembohong dan pendusta. Karena hal itu akan menyebabkan tidak ada orang yang akan membenarkan kenabian dan kerasulannya. 

*2. Amanah (Dapat Dipercaya)*
Dia harus selalu menjaga dan menunaikan amanah yang dibebankan di pundaknya. Dia tidak boleh berkhianat dan melanggar amanat. Dia harus seia sekata antara ucapan dan perbuatannya, antara prilaku dan kenyataanya. 

*3. Tabligh (Menyampaikan)*
Dia harus menyampaikan apa pun saja yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk disampaikan kepada umatnya. Dia tidak boleh menyembunyikan apa pun saja wahyu yang wajib disampaikan kepada umatnya. 

*4. Fathonah (Cerdas)*
Dia harus mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi, pikiran yang jernih, dan jiwa yang penuh kearifan dan kebijaksanaan. Dia harus mampu memecahkan dan menyelesaikan berbagai macam permasalahan dan persoalan yang paling rumit dan delematis, tanpa harus meninggalkan kebenaran dan kejujuran.

Wakil Ketua PCM Babat 
Anggota MPK PDM Lamongan 
Sekretaris MUI Kecamatan Babat 
Penyuluh Agama Islam Kecamatan Babat 
Perwakilan Travel Umroh & Haji Plus PT Tursina 

Jumat 11 Rajab 1441 H/ 6 Maret 2020 M


http://t.me/kajianAmrozi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel