Socialize

Mukmin Memburu & Kepo dalam Mendengar Pesan Kebaikan



Oleh: Dr. Masykur Sarmian

Harianindonesiapost.com
بسم الله الرحمن الرحيم

عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال :
( لَن يَشبَعَ المُؤمِنُ مِن خَيرٍ يَسمَعُهُ حَتَّى يَكُونَ مُنتَهَاهُ الجَنَّةُ ) 

Dari abu Said al Khudri dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam Bersabda, “Orang yang beriman itu tidak pernah puas mendengarkan hal-hal yang baik sampai dia mencapai surga” [HR. Tirmidzi] dan dishahihkan Al-Hakim(4/129)

Pelajaran yang dapat dipetik dsri Hadits di atas adalah sebagai berikut :

1-  Seorang Mukmin seharusnya berusaha memburu ilmu dan tak pernah puas dalam mendapatkan Tausyiah tentang  kebaikan, baik kebaikan sebagai bekal di dunia maupun di akhirat yang kelak dapat mengantarkannya ke puncak kebahagiaannya yaitu Surga.

2. Seorang Mukmin yang visioner pastilah akan berusaha mencari Bi'ah ( lingkungan ) pergaulan yang baik, dimana dalam pergaulan itu tak puas-puasnya untuk saling mengingatkan dalam Kebenaran dan Kesabaran.

3.- Seorang mukmin yang merindukan Surga akan terus berusaha mencintai dan memburu Alunan Al-Qur'an, apalagi ditilawahkan dalam suara yang merdu dengan Tajwid dan Makhorijul Huruf yang standar di manapun pada saat apapun.

4- Mukmin yang brilian akan berusaha mencari dan memburu Kajian Keilmuan yang dapat meningkatkan Kapasitas Spiritulitas, Mentalitas, Intelektualitasnya guna menjadi bekal mencapai kebaikan Dunia dan Akhirat.

5- Mukmin yang baik akan mencari ilmu kebaikan dan tak pernah kenyang dalam memburu pesan kebaikan yang dapat meninggikan kualitas Aqidah, Ibadah, Akhlaq dan segenap amalnya sebagai bekal menuju Surga Alloh SWT

6. Mukmin yang punya masa depan adalah Mukmin yang terus mengisi hati dan membasahi lisannya dengan Dzikir kepada Alloh SWT dan selalu damai hatinya mendengarkan lantunan Dzikir baik oleh dirinya maupun orang lain.

7. Mukmin yang memiliki rasa takut kepada Alloh takkan pernah membiarkan dirinya hanyut dalam perilaku dan perkataan yang sia-sia yang menjauhkannya dari Rahmat Alloh SWT.

8. Mukmin perindu Surga adalah mereka yang berusaha optimal menggunakan segenap potensinya ternasuk Jiwa Raganya untuk untuk menolong tegaknya Agama dan tak lupa menghabiskan dananya untuk proyek Kebaikan, Kemaslahatan Umat, Keadilan Sosial dan Menolong kepada sesama baik dalam bentuk Zakat Infaq Sedekah maupun amal mulia lainnya.

9. Mukmin Pemburu Surga adalah mukmin yang menghidupakn Majelis Dzikir, Majelis Fikir, Majelis Ilmu, Majelis Al Qur'an, Majelis Sunnah, Majelis Kajian Keilmuan lainnya yang bermanfaat bagi sesama tanpa kecuali.

10. Mukmin peraih Surga-Nya adalah mereka yang memberikan cintanya kepada Alloh dan Rasul-Nya lebih dari mencintai dirinya, keluarganya dan orang-orang yang dicintanya. Dan berusaha dengan sekuat tenaga untuk selalu Sami'na wa atho'na dalam.menyambut seruan dan larangan Alloh dan Rasul-Nya, tanpa merasa berat sama sekali. Juga berusaha untuk memurnikan cinta kepads Alloh SWT, dengan mencintai dan  mengikuti Baginda Rasululloh SAW. dalam Perkataan, Perbuatan dan Taqrirnya selama hidupnya.

Kajian  Hadits di atas insya Alloh berkaitan dengan Al-Quran, utamanya Surat Az- Zumar ayat  17 dan 18
Allih berfirman :

فَبَشِّرْ عِبَادِ الَّذِينَ يَسْتَمِعُونَ الْقَوْلَ فَيَتَّبِعُونَ أَحْسَنَهُ ۚ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ هَدَاهُمُ اللَّهُ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمْ أُولُو الْأَلْبَابِ

Oleh itu gembirakanlah hamba-hambaKu yang berusaha mendengar perkataan-perkataan yang sampai kepadanya lalu mereka memilih dan menurut akan yang sebaik-baiknya (pada segi hukum ugama); mereka itulah orang-orang yang diberi hidayah petunjuk oleh Allah dan mereka itulah orang-orang yang berakal sempurna.
[Surat Az-Zumar :17- 18].

Semoga Alloh SWT membimbing kita untuk dapat memburu dan tak pernah bosan dalam mendapatkan Tausyiah kebaikan dimanapun dan kapanpun serta menghilangkan ego diri untuk terus menerima Kebaikan dan Tausyiah dari siapapun, Sebelum Ruh ini benar-benar terpisah dari jasadnya(Sudono Syueb/ed)

Wallohu a'lam bish-showaab

@ms.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel