Gus Solah Pribadi Yang Bijak Meneduhi Semuanya


Oleh: Anies Baswedan

(Gubernur DKI)

Harianindonesiapost.com Pemakaman itu telah selesai. Di saat satu per satu meninggalkan, amalnya mengaliri tiada henti. Ilmu yang diamalkan santri-santri yang tak terhitung jumlahnya, amal jariyah yang menyebar dalam segala jenis kegiatan di berbagai tempat, dan anak turunannya yang terus mendoakan. Aliran pahala itu seakan mengalir dari berbagai sumber. Itulah Gus Sholah, itulah KH Salahuddin Wahid.

Berada di Jombang sore ini mengingatkan saat kami sekeluarga mengunjungi almarhum beberapa tahun yang lalu. Saat itu almarhum masih aktif sebagai pengasuh Ponpes Tebuireng. Kami sekeluarga bermalam di rumah almarhum di dalam pondok. Kami berdiskusi panjang malam itu, disambung lagi besok paginya, saat sarapan bersama. Kehangatan Ibu Farida dan Alm Gus Sholah diingat oleh kami semua, bahkan anak-anak punya kesan khusus. Itulah pribadi mulia, itulah Gus Sholah.

Kita semua bersaksi Almarhum orang baik, pribadi bijak yang meneduhi semua, alim dan jelas dalam prinsip, matang dalam lisan, tulisan dan perbuatan. Sebuah pribadi teladan. Itulah Gus Sholah. 

Husnul khatimah, insya Allah.

Allahumaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu'anhu.(Sudono Syueb/ed)

Jombang, 3 Februari 2020

Post a Comment

0 Comments