GERAKAN EKONOMI UMAT POLA KEMITRAAN KOMUNITAS


Bidang Pilihan :
Agrobisnis Berkebun Tanaman Buah

Oleh: Wahyu Raharjo

Editor: Sudono Syu'aib

Harianindonesiapost.com 
PENGERTIAN
Gerakan Ekonomi Umat Pola Kemitraan Komunitas (GEU-PKK) merupakan sebuah model pemberdayaan ekonomi yang memposisikan jama'ah (umat) sebagai subyek utama dan jam'iyyah (organisasi) sebagai manajemen, yang diselenggarakan dalam sebuah perikatan tertulis yang mengatur hak,  kewajiban, dan pembagian hasil secara berkeadilan.

 *VISI MISI*
Visi diselenggarakannya GEU-PKK adalah : "tegaknya keadilan tata niaga agrobisnis buah-buahan".
Misi yang diemban bukanlah semata-mata urusan bisnis yang hanya mencari keuntungan, tetapi ada 3 hal pokok yang hendak dicapai, yaitu :
1. Mengembangkan jejaring ekonomi yang terstruktur dan tersistem mulai dari strata komunitas, distrik, hingga regional.
2. Mengembangkan tata kelola agrobisnis sub bidang budidaya tanaman buah yang produktif, dinamis, dan stabil, serta mampu berjalan dalam kurun waktu berpuluh-puluh tahun lamanya.
3. Tansfer pengetahuan dan ketrampilan.

*Tanaman Pilihan :* 
Alpukat, Anggur, Pete, Durian, Jeruk, Duku, Manggis, dll. sesuai kearifan lokal.

 *DALIL NAQLI*
Q.S. Al Baqarah.261
مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّاْئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan *sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.* Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Ayat dimaksud selain memberikan penegasan pahala bagi orang yg menafkahkan hartanya dijalan Alloh, secara tekstual juga sangat jelas menggambarkan kalkulasi bidang pertanian sangat menjanjikan hasilnya hingga berlipat-lipat 700 kali.

Sesuai kaidah islam, prasyarat keberhasilan sebuah kegiatan yang menyangkut banyak orang haruslah didukung adanya organisasi yang mengurusnya secara benar dan amanah, sehingga menjadi sebuah struktur kekuatan yang tertata dan kokoh. 
Alloh SWT. berfirman (Qur'an, Ash Shaff, Ayat 4.) :
إن الله يحب الذين يقاتلون في سبيله صفا كأنهم بنيانمرصوص
“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang (berjuang) di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.”

 *DALIL AQLI*
Pertimbangan logis mengambil pilihan berkebun buah-buahan type pohon usia tahunan, adalah sebagai berikut :
1. SDM/Umat jumlahnya banyak dan punya budaya agraris.
2. SDA/Lahan milik umat tersedia luas.
3. Sumberdaya pendukung (bibit, pupuk, iklim, teknologi agro, market dst.) terjamin.
4. Investasi dan Ongkos produksi murah, sehingga memudahkan bergerak secara luas dan terbuka.
5. Pemeliharaannya 80% dijamin Alloh SWT (melalui SDA), dan 20% usaha manusia. Bahkan banyak juga yg 100% atas kemurahan Alloh SWT. Sehingga kegiatan ini menjadi alternatif untuk memperoleh pendapatan di luar pekerjaan pokok.
6. Tidak memproduksi limbah/pencemaran.
7. Setelah panen perdana, tidak membutuhkan investasi ulang, tinggal melakukan pemeliharaan serta hasil produksi seterusnya semakin lama semakin bertambah banyak.

Selain pertimbangan-pertimbangan tersebut, berkebun buah-buahan berkorelasi dengan partisipasi umat pada :
1. Progran ketahanan perekonomian nasional bidang pertanian.
2. Program internasional dalam penanganan masalah pemanasan suhu dunia (global warming).


Post a Comment

0 Comments