Socialize

Mutiara Baitul Mahmud: Tidur Pengobat Lelah


Oleh:  Sudono Syueb

(Dosen Fikom Unitomo, Surabaya)

Harianindonesiapost.com Setelah kita kerja seharian atau semalaman tentu kita lelah atau cape. Ketika kita lelah atau cape setelah kerja itu, jangan mengeluh, apa lagi sambatan sampai aru oro (merintih/bengok bengok), karena lelah atau cape itu natural sekali, itu gawan bayek.
Kalau kita lelah setelah kerja, cukup istirahat saja dengan tidur di malam hari atau siang hari bagi yang kerja malam. Karena tidur itu pengobat lelah yang mujarab.

Dalam surat An-Naba Ayat 9, Allah berfirman:

وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا

 Artinya:  Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat. (QS. An Naba:9)

Dalam  Tafsir as-Sa'di karya Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H, menyatakan, tidur kalian di malam hari agar kalian beristirahat dengan tenang dan nyaman, ( سُبَاتَا ) istirahat yang dimana semua gerakan terhenti, semua makhluk menjadi tenang, dan suara-suara juga ikut tenang, dan asal kata dari ( سُبَتا ) adalah ( السَبْت ) : yaitu terputus, maka makna yang sebenarnya dari kata ( سُبَاتَ ) adalah terputusnya atau terhentiya semua kesibukan dan gerakan-gerakan; agar kalian bisa tenang dalam tidur kalian, dan sungguh ini merupakan nikmat dari Allah subhanahu wata'ala.

Sementara itu dalan Tafsir Juz 'Amma, karya Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA) menyatakan:

وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا
“dan Kami jadikan tidur kalian sebagai peristirahatan ”
Maknanya: Sebagai pemutus rasa lelah. Tidur dapat memutus rasa lelah yang dirasakan sebelumnya, sehingga manusia akan kembali bersemangat untuk melakukan kegiatan setelahnya. Oleh kerenanya, anda akan dapati seseorang yang kelelahan kemudian ia tidur akan terasa lega dan kembali bersemangat, ini adalah di antara kenikmatan dan ini juga di antara tanda-tanda kekuasaan Allah Ta’ala: 

وَمِنْ آيَاتِهِ مَنَامُكُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَاؤُكُمْ مِنْ فَضْلِهِ

 “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. ” (QS. Ar-Rum: 23)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel