Socialize

MUHASABAH 5: Makna Kematian


Oleh: Amrozi Mufida 

(Wakil Ketua PCM Babat 
Anggota MPK PDM Lamongan 
Penyuluh Agama Islam Kecamatan Babat 
Perwakilan Travel Umroh & Haji Plus PT Sakinah)

Editor: Sudono Syueb


Harianindonesiapost.com 
1. Dlm Pandangan Islam, Kematian tidak hanya terjadi sekali, tetapi dua kali, yaitu ketika Manusia berada di Alam Ruh dan Alam Kubur: QS Al-Mukmin/Ghofir (40): 11

2. Sakaratul maut bkn peristiwa ringan, sehingga menurut Aisyah RA, Nabi Muhammad SAW sering Berdoa, "Yaa Allah, ringankanlah kami pada saat Sakaratul maut."

3. Gambaran penderitaan Menjelang Kematian bagi orang yang bergelimang dosa: (QS Al-Qiyamah (75): 26-30, Al-Anfal (8): 50)
KH. Bey Arifin, seorang Ulama Jawa Timur, dalam Bukunya Hidup Sesudah Mati, menceritakan Kematian Yosep Stalin, seorang komunis Uni Sovyet, dia mati Sesudah dua hari dua Malam membantingkan diri ke Kiri ke Kanan, mengerang, mengeluh, sesak nafas, dan berteriak-teriak. 

4. Gambaran Nikmatnya Menjelang Kematian bagi orang yang suka beramal Sholeh: (QS Fushshilat (41): 30, Al-Fajr (89): 27-30 )

5. Secara Umum, kesan tentang Kematian bukan sesuatu yang Menyenangkan. Bahkan naluri Manusia ingin hidup seribu tahun lagi: QS Al-Baqarah (2): 96

6. Iblis berhasil merayu Adam dan Hawa melalui ingin hidup kekal abadi: (QS Thaha (20): 120 )

7. Kematian mempunyai peranan yang Sangat besar dlm memantapkan Aqidah dan menumbuhkembangkan Semangat Ibadah. Tanpa Kematian, Manusia tak akan Berpikir tentang apa Sesudah mati dan tak akan mempersiapkan diri menghadapi mati. Oleh karena itu, Rasulullah SAW bersabda,  "Perbanyaklah mengingat pemutus segala kenikmatan Duniawi, yaitu Kematian." HR Tirmidzi dan Nasa'i dr Abu Hurairah RA. 

8. Ada Kehidupan Dunia dan Akhirat. Dunia berarti rendah, hina, dekat, jangka pendek. Sedangkan Akhirat artinya yang akhir,  yang abadi, yang sempurna, masa depan, jangka panjang: (QS Al-'Ankabut [29]: 64, An-Nisa' (4): 77 )

Orang yang berorientasi pada hal-hal yang Bersifat duniawi semata, maka Ia pada dasarnya berselera rendah, berpola hidup hedonis, berorientasi kekinian, dan terjebak pada mental kekufuran, Meskipun secara Lahir dia mengaku sebagai orang Islam. 
Sedangkan orang yg berorientasi pada Kehidupan ukhrawi, berarti dia punya Prinsip Hidup yang abadi, yang sempurna, unrtk masa depan, jangka panjang, karena di sanalah Hakikat Kehidupan abadi, sempurna, diperoleh Keadilan Sejati yang didamba Semua umat Manusia. 

9. Kematian Merupakan awal dari satu Perjalanan Panjang dalam evolusi Manusia. Kematian adalah Jembatan untuk menuju Kehidupan abadi di alam Akhirat. Ia akan mengantarkan Seseorang untuk memperoleh keabadian hidup dengan berbagai macam kenikmatan di Surga bagi Orang2 Yang beramal Sholeh atau beragam kenistaan, kesengsaraan, penderitaan hidup abadi di neraka bagi Orang orang yang suka berbuat jahat, bergelimang dosa, berlumuran darah kemungkaran. (QS  Al-Infithar [82]: 13-14)

Lamongan, 22 Januari 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel