Socialize

PW PII Jatim Adakan Pengembangan Karakter Islam


Oleh: Abdul Hamid

(PW PII Jawa Timur)

Editor: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com Pendidikan Islam adalah salah satu saluran terpenting dalam pengembangan karakter dan pemikiran siswa khususnya dan masyarakat secara umum. 
Ini terkait erat dengan pertanyaan pembentukan identitas siswa untuk diselaraskan dengan nilai-nilai islam. 
Pembentukan identitas siswa ini melibatkan banyak faktor yang umumnya mungkin dikategorikan menjadi dua yang terjadi secara alami secara formal dan kedua secara informal. Di dalam konteks formal dapat merujuk pada formasi terjadi di sekolah / lembaga atau kegiatan terancang. 
Sementara itu formasi informal biasanya merujuk untuk interaksi siswa yang terjadi baik di rumah, dengan teman sebaya dan dengan semakin besar keterlibatan mereka dalam masyarakat (Mohamad dkk, 2008). 

Sudah seharusnya penerapan pendidikan dibarengi dengan penanaman nilai-nilai islam dimana didalamnya telah terdapat tuntunan, tentang bagaimana bertindak, tentang bagaimana bersikap, dan tentang bagaimana bermanfaat bagi masyarakat luas. 
Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk untuk mencetak pelajar yang intelektual baik, diimbangi dengan moralitas yang baik pula, hal tersebut dapat diimplementasikan  pada akhlak serta kontribusinya terhadap masyarakat. Dimana siswa tidak hanya berkegiatan sekolah tapi juga dapat berkegiatan diluar sekolah bersinggungan dengan masyarakat secara langsung, menyaksikan realita kehidupan, pembelajaran tidak hanya didapat didalam kelas namun akan ia dapatkan melalui kehidupan bermasyarakat. 

Pelajar Islam Indonesia hadir sebagai organisasi yang memiliki cita-cita untuk mewujudkan pendidikan dan kebudayaan yang sesuai Islam bagi masyarakat dunia terutama Indonesia sehingga peran dan keiikutsertaannya dalam membangun generasi sangat perlu untuk diperhitungkan.  
Melalui kegiatan – kegiatan PII yang mana didalamnya terdapat berbagai kegiatan yang dapat mewadahi pelajar yang ingin melatih diri serta terus mengembangkan dirinya. Melalui proses trainingan, taklim, kursus, serta kegiatan yang lainnya yang akan diselenggarakan menjadikan pelajar tidak hidup untuk dirinya sendiri namun hidup untuk banyak hal yakni dirinya, masyarakat, serta agamannya, untuk pencapaian cita-cita mulia, Izzul Islam Wal muslimin, dengan upaya mewujudkan generasi Khairu Ummah, generasi yang terbaik yang pernah terlahir ke dunia 
Maka, Leadership Intermediet Training dan Camp Pelajar yang akan diselenggarakan di Kabupaten Jember, yang dilaksanakan pada musim liburan di penghujung tahun 2019 kali ini, diharapkan menjadi salah satu jalan dalam membentuk identitas, moral, karakter pelajar sesuai nilai-nilai islam yang mulia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel