Kode Etik Mahasiswa: Membatasi atau Beri Ruang Kreasi dan Inovasi


Laporan: Sudono Syueb
(Dosen FIKOM-UNITOMO, Surabaya)

Harianindonesiapost.com Komisi Etik dan Disiplin (Komedis) Universitas Dr. Soetomo telah melakukan sosialisasi Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas. Dr. Soetomo, Surabaya, pada hari Rabu 11/12 2019, pukul 10 WIB di gedung I lt 4 ruang 408.

"Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa Unitomo ini tidak dimaksudkan untuk membatasai ruang gerak dan kebebasan mahasiswa, tapi justru mengarahkan aktivitas mahasiswa secara terarah dan terukur," demikian arahan dari Ketua Komedis Tingkat Unitomo Drs. Zaenal Fatah, MSi di hadapan perwakilan mahasiswa yang tergabung dalaM UKM (Unit Kegiatan Nasiswa) Unitomo, Surabaya, sekitar 75 mahasiswa

"Ada sekita 15 UKM tingkat Unitomo, setiap UKM saya undang 5 mahasiswa sebagai perwakilan setiap UKM, jadi sosialisasi awal ini akan diikuti sekitar 75 mahasiswa Unitomo," kata  Dr. Ir. Suyanto, MM, selaku Warek 3 Unitomo, sekaligus sebagai anggota Komedis Unitomo.

Selanjutnya Suyanto katakan, Kode Etik Mahasiswa Unitomo ini berdasarkan Peraturan
Rektor UNIVERSITAS Dr. SOETOMO
Nomor :  OU. 157.A  /A.4.15/X/2019 tentang
KODE  ETIK
MAHASISWA UNIVERSITAS Dr. SOETOMO, Surabaya, berlaku mulai  tahun 2019-2022.

Selanjutnya presentasi Kode Etik Mahasiswa yang terdiri dari 10 (sepuluh) BAB dan 21 ( dua puluh satu ) Pasal itu disampaikan oleh Drs. Budiyono, MSi, dosen FIA, Unitomo, Surabaya.


Budiyono mengawali presentasinya dengan menunjukkan Maksud Kode Etik Mahasiswa Unitimo ini, "Maksud dari Kode Etik Mahasiswa Universitas Dr. Soetomo adalah sebagai pedoman bagi seluruh mahasiswa dalam bersikap dan bertindak saat melaksanakan aktivitas didalam dan diluar Kampus Universitas Dr. Soetomo.(Bab ll, Pasal 2)," kata Budiyono dengan tersenyum

Selanjutnya Budiyono menyatakan Tujuan Kode Etik ini,  adapun tujuan dari Kode Etik Mahasiswa Universitas Dr. Soetomo ini adalah untuk :
Membentuk mahasiswa yang beretika dan berbudi luhur dalam mendukung terwujudnya visi, misi, dan tujuan Universitas Dr. Soetomo.
Menjamin terpeliharanya kehidupan kampus yang kondusif guna mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Memberikan landasan dan pedoman bagi mahasiswa sebagai anggota masyarakat ilmiah dan warga kampus dalam bersikap dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari.(Bab lll, Pasal 3)


"Sementara itu  Kode Etik Mahasiswa ini memiliki ruang lingkup antara lain:
Seluruh mahasiswa yang terdaftar di Universitas Dr. Soetomo.
Setiap interaksi dan aktivitas mahasiswa di lingkungan kampus dan di luar kampus yang disetujui oleh pimpinan Universitas.(Bab IV, Pasal 4)," kata Budiyono yang dikenal akrab dengan mahasiswa ini.

Setelah itu Budiyono menjelaskan Standad Prilaku Kode Etik Mahasiswa.
Dengan mengutip pasal 5 Bab IV,  Budi jelaska bahwa Standard Perilaku sebagai landasan Kode Etik ini adalah setiap Perilaku yang baik yang mencerminkan ketinggian akhlak dan ketaatan terhadap norma-norma etik yang hidup dalam masyarakat, yang meliputi:
Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Setia dan taat kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945.
Berkarakter Mandiri, Modern dan Beretika.  
Menghargai Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS), serta menjunjung tinggi kebudayaan nasional.
Mengutamakan kepentingan bangsa, negara, dan universitas di atas kepentingan diri sendiri dan golongan.
Menjaga dan menjunjung tinggi citra Universitas Dr. Soetomo.
Secara aktif memelihara sarana dan prasarana Universitas Dr. Soetomo, serta menjaga kebersihan, ketertiban, dan keamanan kampus.
Mentaati ketentuan tata tertib kehidupan kampus
Berpenampilan sopan dan rapi.
Berperilaku ramah, dan menjaga sopan santun terhadap orang lain.
Menghindari perbuatan yang tidak bermanfaat dan/atau bertentangan dengan norma hukum atau ketentuan tata tertib kehidupan kampus.

Komisi Etik dan Disiplin

Sementara itu yang bertanggung jawab untuk menangani setiap pelanggaran Kode Etik Mahasiswa ini adala Komite Etik dan Disiplin (KOMEDIS). Ada 2 KOMEDIS: 1. Tingikat Universitas dan 2. Tingkat Fakultas

Komite Etik dan Disiplin Mahasiswa atau disingkat KOMEDIS Mahasiswa di tingkat Universitas Dr. Soetomo ditetapkan oleh Rektor dan di tingkat Fakultas oleh Dekan. 
Sedang Susunan Komite Etik dan Disiplin Mahasiswa terdiri: Unsur Pimpinan, Unsur Dosen dan Unsur Karyawan. 

Di akhir presentasinya, Budi menjelaskan Kewenangan Komedis.

"Komite Etik dan Disiplin Mahasiswa berwenang untuk menerima, memproses dan memberikan rekomendasi sanksi atas pelanggaran Kode Etik Mahasiswa. (Bab IX, Pasal 20)."


Sementara itu, lanjut  Budi, Komite Kode Etik Mahasiswa tingkat Fakultas melakukan proses penanganan kasus-kasus pelanggaran kode etik di tingkat Fakultas dan memberikan rekomendasi tentang sanksi-sanksi yang ditetapkan kepada Dekan. 
Dekan bersama Pimpinan Fakultas menindaklanjuti rekomendasi Komite Etik dan Disiplin Mahasiswa untuk menetapkan sanksi terhadap pelanggaran kode etik atau melanjutkan rekomendasi kepada Rektor untuk pelanggaran yang lebih berat. 
Rektor meminta pertimbangan tentang rekomendasi Fakultas kepada Komite Etik Mahasiswa tingkat Universitas untuk ditetapkan sanksi terhadap pelanggaran kode etik. (Bab IX, Pasal 21).

Presentasi Kode Etik Mahasiswa Unitomo itu diikuti dengan seksama oleh perwakilan mahasiswa Unitomo, Surabaya.

Selesai presentasi, mahasiswa diberi kesempatan untuk merespon. Ada sekitar 6 mahasiswa yang merespon. Semua mahasiswa tidak mempersoalkan adanya Kode Etik Mahasiswa Unitomo, mereka justru menanyakan apakah ada Kode Etik Pimpinan، Dosen dan Karyawan Unitomo. 
Karena, menurut mereka, ada dosen yang suka telat, suka marah marah, tidak mengajar tanpa pemberitahuan. Bahkan ada dosen yang lama tidak mengajar, ketika masuk langsung beri tugas benyak sekali.
Menanggapi respon mahasiswa terhadap prilaku mengajar dosen Unitomo  seperti itu,  Suyanto, Warek 3,  selaku moderator dan anggota Komedis mengapresiasi masukan mahasiswa dan menyatakan, bahwa Kode Etik Dosen dan Karyawan Unitomo sebetulnya sudah ada dalam Statuta Unitomo. Maka itu Komedis akan meminta Unitomo untuk melakukan Sisialisasi Kode Etik Dosen dan Karyawan Unitomo pada mahasiswa.
Sosialisasi Kode Etik ini juga dihadiri hampir seluruh ketua dan anggota Komedis di antaranya bpk Subagio Burhan, S.H, M.Hum., Ibu Arkha Rosaria Badrus, SST, M.Kes, bpk Budi Hastono, ST, MT, Ir. A. Kusyairi, MSi, Drs. Sudono Syueb, MSi, MH, Dr. Ir. JFX Susanto Sukiman, MM dan Suyanto, SE, MM.

Post a Comment

0 Comments