Socialize

Catatan Burung (3)


Oleh: Didik Akhmadi

(Pengamat Budaya dan Politik)

Editor: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com Burung merupakan binatang yang sangat dikenal manusia. Lingkungan habitatnya tak jauh jauh dari lingkungan manusia.

Pengenalan dan pengamatan manusia sejak sejak dulu kala. Pengenalan dan pengamatan itu telah menjadi khasanah pengetahuan yang sangat luas, yang berujud dalam ilmu perburungan-Ornitologi atau yang berujud dalam pengetahuan umum yang lainnya. Dalam konteks ornitologi, ilmu perburungan membahas klasifikasi burung atas berbagai jenis dan ragamnya, taksonomi, pola pola migrasi, daya jangkau terbang, perilaku burung dan perilaku kelompoknya. Pengetahuan manusia atas burung yang berada diluar ornitologi umumnya membahas terkait dengan keindahan burung, puitisasinya, dan tafsir tafsir sufistiknya.

Kita memang diperintahkan Allah Swt untuk memperhatikan kehidupan binatang binatang. Binatang melata dan juga burung burung. 

Pengetahuan manusia atas burung burung yang sedemikian luas itu bisa dijadikan sarana memahami ayat ayat tanda kebesaran Allah Swt; sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan kita kepadaNya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel