Abad 19 Para Wanita Aceh Sudah Pakai Hijab


Laporan: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com Akhir akhir ini sedang hangat dibicarakan oleh publik di lndonesia tentang hijab  yang dianggap bukan pakaian nusantara yang diilhami oleh nilai nilai lslam.

Foto dua wanita dari Aceh dengan pakaian semacam sarung itu ditemukan arsipnya oleh Frendy Kurniawan di koleksi Nationaal Museum van Wereldculturen, menunjukkan pakaian syar'i yang dipakai para wanita Aceh pada abad l9. Dua wanita tersebut, adalah istri dan saudara perempuan Panglima Polm.

Dalam deskripsinya, lanjut Kurniawan, seperti dilansir oleh tirto.id, arsip itu menyebut bahwa foto itu berjudul “Portret van de vrouw en zuster van Panglima Polem" (Potret istri dan saudara perempuan Panglima Polem). Tidak ada keterangan perihal data terbit foto ataupun keterangan waktu saat pengambilannya.

Panglima Polem atau yang biasa disebut sebagai Teuku Panglima Polem Sri Muda Perkasa Muhammad Daud adalah seorang panglima di wilayah Aceh lama. Sampai saat ini, belum ditemukan keterangan rinci mengenai tanggal dan tahun kelahiran Panglima Polem. Namun, ada keterangan bahwa dia melakukan perang gerilya ke pemerintahan Hindia-Belanda sekitar 1890-an akhir. Panglima  Polem disebutkan menyerah pada bulan September 1903. 

Post a Comment

0 Comments