Socialize

Universitas Tertua di dunia Dibangun Oleh Seorang Wanita Muslim Bukan Eropa

Laporan: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com Pendidikan selalu hadir dalam kehidupan manusia sejak kedatangan manusia di bumi. Pendidikan sangat penting dalam Islam. kata pertama yang diturunkan Allah dalam Al Qur'an adalah 'Iqra' yang artinya membaca. Ada penekanan besar pada pendidikan dalam Islam dibandingkan dengan agama lain mana pun. Muslim telah menjadi pelopor dan pemimpin dalam pendidikan sampai orang-orang Eropa mengambil alih kita di era modern.

Ketika dunia & barat tertidur dalam periode ketidaktahuan, umat Islam maju dalam pendidikan dan peradaban. Jumlah lembaga pendidikan, perpustakaan, observatorium berkembang pesat di bawah Kekhalifahan & Kesultanan Muslim.

Dari khalifah sampai rakyat jelata, setiap Muslim aktif dalam promosi dan penyebaran pendidikan yang bervariasi dari fiqh Islam ke sains dan matematika. Berbagai institusi pendidikan tinggi jumlahnya sangat banyak di kota-kota seperti Baghdad, Kairo, Damaskus, Fez.

Salah satu contohnya adalah Universitas Al Quaraouiyine. Ini adalah Universitas tertua yang ada, yang terus beroperasi di dunia sesuai dengan UNESCO & Guinness World Record.

Didirikan pada 859 M di kota Maroko Fez oleh Fatima Al-Fihri, seorang wanita Muslim Arab dari Kairouan. Dia adalah putri seorang pedagang Arab yang kaya dan juga seorang pendidik terkemuka. Fatima bersumpah akan menghabiskan seluruh warisannya untuk pembangunan masjid & madrasah untuk komunitasnya.

Belakangan, madrasah ini kemudian dikenal sebagai "Universitas Al Quaraouiyine" ketika dimasukkan ke dalam sistem Universitas Maroko modern pada tahun 1963.

universitas ini berusia 1.160 tahun dengan kekuatan mahasiswa 8120. Jumlah staf akademik & administrasi masing-masing adalah 1025 dan 708. Mata pelajaran utama yang diajarkan di sini adalah teologi Islam, ilmu hukum, tata bahasa, Prancis, Inggris, retorika, logika, kedokteran & astronomi.

Siswa laki-laki dan perempuan berusia antara 13 hingga 30 tahun belajar di sini. Para siswa diminta untuk duduk dalam bentuk lengkungan dengan Syaikh di antaranya.

Universitas Al Quaraouiyine adalah salah satu lembaga terkemuka di wilayah Maghreb menarik siswa dari tempat-tempat jauh bahkan dari Asia tengah. universitas menyediakan diploma tingkat SMA dan gelar Sarjana dalam mata pelajaran yang disebutkan di atas.

ibn Rushayd al-Sabti, Mohammed Ibn al-Hajj al-Abdari al-Fasi, Abu Imran al-Fasi, seorang ahli teori terkemuka dari sekolah hukum Islam Maliki, Leo Africanus, seorang musafir dan penulis terkenal, Al-Idrissi, kartografer hebat, Ibn Khaldun, cendekiawan dan sejarawan hebat, Ibn al-Khatib, Al-Bitruji(Alpetragius), Ibn Hirzihim, dan Al-Wazzan, filsuf Yahudi Maimonides, semuanya terhubung dengan Universitas bersejarah baik sebagai mahasiswa maupun dosen.
Bersama dengan Muslim, Non-Muslim juga belajar atau bekerja di sini seperti filsuf Yahudi Maimonides. Berbagai sarjana Eropa juga mengunjunginya dan mengambil inspirasi untuk mendirikan Universitas di Eropa. Flemish Nicolas Cleynaerts dan Golius Belanda dan Paus Sylvester II adalah orang Eropa terkemuka yang mengunjungi Universitas ini.


Dikatakan bahwa sebagian besar penemuan demi penemuan Eropa diilhami oleh peradaban Islam. Universitas Eropa pertama didirikan pada 1088 di Italia sekitar 229 tahun kemudian.

Universitas adalah pusat pendidikan selama hampir berabad-abad sejak didirikan di wilayah Mediterania. kesultanan Spanyol selalu melindungi Universitas & karya sastra yang dilakukan oleh fakultas diakui di seluruh dunia.

Itulah kemegahan universitas yang luar biasa ini yang masih berdiri di kota Fez dengan semua signifikansi historisnya.

Bsnyak cendekiawan Eropa berusaha membela universitas dan warisan sejarah mereka dan menolak menyebutnya sebagai universitas kuno, tetapi institusi mereka sendiri UNESCO & Guinness mematahkan harga diri mereka.

Menurut UNESCO dan sejumlah cendekiawan lain, Al Quaraouiyine dianggap sebagai universitas sejak pendiriannya dan karena itu merupakan universitas tertua di dunia.

Sumber: https://www.mvslimfeed.com/oldest-university-was-built-by-a-muslim/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel