10 Hal Yang Harus Kita Ketahui Tentang Imam Ka'bah, Sheikh Abdul Rahman Al Sudais


Laporan: Sudono Syueb

Harianindonesiapost.com Allah mewujudkan Qur'an kepada Nabi (SAW) untuk membimbing manusia di jalan yang benar dan menyerukan kepada orang-orang kafir untuk tunduk kepada Allah.

Ketika Nabi Muhammad (SAW) masih hidup, beliaulah yang memimpin umat Islam dalam shalat. Setelah itu para sahabat Nabi SAW yang memimpin shalat. Selanjutnya, banyak Cendekiawan Islam terkenal menjadi Imam Masjid Al-Haram.

Hari ini di artikel ini, kita akan membahas 10 hal penting yang harus Anda ketahui tentang, Sheikh Abdul Rahman Al Sudais, Imam Masjid Al-Haram.

1. Sheikh Abdul Rahman Al Sudais adalah Presiden Jenderal Urusan dua Masjid Suci, Panglima pasukan khusus keamanan dua Masjid Suci dan imam terkemuka di Masjid Al-Haram.


2. Ia dilahirkan pada 10 Februari 1960 di Riyadh, Arab Saudi. Nama lengkapnya adalah Abdul Rahman Ibnu Abdul Aziz Al Sudais. Dia memiliki klan Anza dari wilayah Najd. Dia adalah siswa yang sangat baik sepanjang masa kecilnya. Pada usia 12, ia menghafal Al-Quran.

3. Sheikh Al Sudais belajar di Madrasah Aliyah Al Muthana Bin Harith dan lulus pada tahun 1979 dengan nilai bagus. Dia kemudian mendapatkan gelar Sarjana Syariah pada tahun 1983 dari Universitas Riyadh. Dia mendapat gelar Master dari Universitas Islam Mohammad Bin Saud pada tahun 1987. Saat bekerja sebagai asisten profesor, ia menyelesaikan PhD pada 1995 dari Universitas Umm Al Qura.

4. Dia telah diakui sebagai salah satu Qari terbaik. Ia cukup terkenal dengan bacaan   Qurannya secara merdu sesuai dengan Tajwid. Sebelumnya, bacaannya direkam dan didistribusikan melalui CD, tetapi sekarang jutaan Muslim bisa mendengarkan bacaannya secara online.

5. Sheikh Al Sudais menjadi Imam Masjid Al Haram pada tahun 1984 dengan surat keputusan kerajaan pada usia yang sangat muda dan melakukan khotbah pertamanya di Masjidil Haram di Mekah pada bulan Juli 1984. Dia selalu memimpin umat Islam dalam sholat sehari-hari dan sejak itu dia aktif memimpin umat Islam dalam sholat sehari-hari serta sholat sholat khusus seperti sholat Jumat, Taraweeh dan sholat Idul Fitri.

6. Sheikh Al Sudais menerima penghargaan "Islamic Personality of the Year" pada tahun 2005. Dia dianugerahi Penghargaan Internasional Qur'an Suci Dubai (DIHQA) untuk layanannya dalam Qur'an dan Islam. setelah menerima penghargaan di Dubai, ia mengatakan: "Pesan Islam dan Muslim adalah kerendahan hati, keadilan, keamanan, stabilitas, simpati, harmoni dan kebaikan."


7. Sheikh juga dianggap sebagai pemimpin doa perdamaian antaragama. sheikh Abdul Rahman memimpin 10.000 orang dalam doa untuk kerukunan antaragama yang diselenggarakan di London pada tahun 2004. Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi dari berbagai agama.

8. Abdul Rahman Al Sudais adalah seorang Pro-Palestina dan selalu mengangkat suaranya melalui platform yang berbeda untuk orang Palestina. dia mencela perlakuan orang-orang Palestina oleh para pemukim Israel dan negara Israel, dan menyerukan lebih banyak & lebih banyak bantuan untuk dikirim ke Palestina.

9. Sheikh telah menjadi sasaran utama oleh orang-orang Yahudi dan media Barat karena komentarnya yang ketat tentang orang-orang Yahudi dan Israel. dia telah ditolak masuk ke AS dan Kanada berdasarkan komentarnya tentang Yahudi dan Non-Muslim lainnya. Media Barat selalu berusaha memfitnahnya sebagai pengkhotbah yang rasis dan penuh kebencian.


10. Imam Al Sudais memegang jabatan menteri di Arab Saudi. ia menjadi menteri pada 2012 setelah pengangkatannya sebagai Presiden Umum untuk urusan dua Masjid Suci. Pada tahun 2017, Al Sudais mengawasi film dokumenter 'One Day in the Haram', sebuah film yang menggambarkan Haram Sharif di Makkah melalui mata para pekerja.

Semoga Allah mengampuni dia dan keluarganya. Aameen

 Sumber: https://www.mvslimfeed.com/sheikh-abdul-rahman-al-sudais/

Post a Comment

0 Comments