SEMANGAT KEMERDEKAAN

*SEMANGAT MERDEKA*
*Hj. Siswiastuti S. Pd*
*SDN Mekarwangi 01*
*Cikarang Barat*
*Kabupaten Bekasi*

Harianindonesiapost.com Sejak ditunjuk sebagai Tim Paskibra di Sekolahnya yang baru SMK BKM2 Kota Bekasi, bungsu ku semangat berlatih, di rumah dan juga berlatih lompat tali  (skipping), katanya agar terlatih nafas panjang. 
Pernah sekali, anakku sampaikan bahwa latihan Paskib nya di antara jam pelajaran, jadi di saat tersebut, ia tidak belajar, ku bilang tak apa apa, kan kegiatanmu turut mensukseskan acara sekolahmu. Sayangnya semangat si bungsu, tidak dibarengi dengan kesehatannya. Pernah di malam hari, suhu tubuhnya meningkat, demam dibarengi dengan keram betis,  katanya ke lelahan. Segera kuberi obat, Paginya aku berangkat lebih awal, hingga selesai mengajar, aku tak tahu kabar Salwa,karena memang hpnya tidak aktif. Akhirnya ku WA walikelasnya, menanyakan,apakah Salwa masuk atau tidak, ternyata ia tak masuk.. Setelah ku pulang sekolah, demamnya mulai reda, ia bilang mau istirahat, agar lekas pulih staminanya. Alhamdulillah esoknya dengan semangat tinggi ia sudah bisa beraktivitas sekolah kembali. 
Di hari hari selanjutnya, ia pun terus berlatih intensif, agar semakin kompak.
Jelang Hari H min 4, (14/8/2019) bungsuku pulang sambil membawa baju Seragam Paskib bagus, di dominasi warna merah., kebetulan Salwa termasuk tim 17.
Sampai di rumah, ia sempat mengeluh bahwa baju seragamnya kekecilan. Ia coba dihadapanku. Wow.. Dengan postur tubuh tinggi besar, memang terlihat seperti kue lepet (makanan dari ketan campur parutan kelapa, dibungkus janur kelapa, di ikat ).
Bungsuku sempat bilang, kata teteh pembina nanti kalau sempit, buka saja jahitannya. Langsung saja ku  pergi ke toko membeli silet dan penyungkil benang,  Alhamdulillah pas Adzan magrib, celana seragamnya sudah selesai kubuka ukuran nya 8 cm. Setelah sholat magrib kubuka jahitan kemeja seragamnya bagian pinggang 4 cm dan ketiaknya, 3 cm kiri kanan, saat digunakan semua, ia berseru.. Enak benar nih dipakainya.. Untung punya mama serba bisaaa!!  Bahagianya aku, salah satu tujuanku memperbaiki seragam paskibranya adalah me motivasi dirinya, agar bisa melaksanakan tugas, sebagai anggota Paskibra Sekolah dengan Semangat dan gembira. Satu hari sebelum Hari H, semua anggota Paskib diwajibkan menginap di Sekolah, dengan tujuan selain latihan, gladi bersih, agar keesok harinya semua mudah di rias,  didandani dan tidak terlambat.
Sabtu, 17 Agustus 2019 pukul 05.10 aku sudah selesai sholat subuh, kugunakan Seragam Korpri dan Segera bersiap belanja kue snak pagi di Pasar Proyek setelah dapat sebanyak  3 nampan, segera meluncur menuju sekolah Salwa, dan disana aku disambut oleh guru piket, kusampaikan berbagi rezeki sedikit untuk guru2 dan siswa. Ternyata Salwa masih di rias jadi tak bisa ditemui. Aku berdoa,semoga Acaranya sukses termasuk Tim Paskibra yang diikuti anakku..Aamiin. Semangat Merdekaaaa anakku. 
Akhirnya ku pamit, menuju Lapangan taman Aster, depan Kecamatan Cikarang Barat, untuk mengikuti Upacara dalam rangka Dirgahayu Republik Indonesia ke 74.

----------------------------------------
Jatimulya 17/8/2019
Pukul 20.30 WIB

Diceritakan Penulis, sebagai bentuk rasa syukur karena si Bungsu sudah turut merasakan berjuang menjadi anggota Paskibra

Post a Comment

0 Comments