Kunjungan Persahabatan sang Motivator hebat ke SDN Mekarwangi 01

By. Bunda Siswi S.Pd

Harianindonesiapost.com Sejak Januari 2019, aku sudah berkomunikasi dengan sang Motivator hebat, Mas Eko Ramaditya Adikara 
S.Sos M.Si           Keinginanku untuk berjumpa, pada akhirnya Alhamdulillah Allah berkenan mempertemukan kami, saling Sapa pada saat mas Rama menjadwalkan untuk hadir di SD kami, Sabtu 24 Agustus 2019. 

Mas Rama yang terlahir sebagai Tunanetra, adalah seorang Trainer Motivator, Penulis 8 buku, Dosen luar biasa di beberapa Universitas dan fasilitator Ruang guru.Com

Pada hari Sabtu, 24 Agustus 2019, adalah hari bahagia yang sangat dinantikan kami warga sekolah SDN Mekarwangi 01.Tepat pukul 09.00 WIB, mas Ramaditya tiba di depan Kantor Desa Mekarwangi. Ku sambut dan langsung ku tuntun sampai tiba di sekolah ku. Setelah berbincang sebentar, mas Rama izin ganti baju, dengan pakaian khas nya, kostum Star Wars. 

Sambil menunggu diputarkan musik pengiringnya tepat di waktu yang bersamaan,beliau masuk kelas dengan memegang Pedang Light Saber nya, disambut dengan lagu Selamat Datang yang dinyanyikan seluruh siswa kelas 1-6 yang berjumlah sekitar 200 siswa dan beberapa Orangtua Murid dan dilanjutkan tepuk tangan semua hadirin. Diawali dengan perkenalan, beliau sampaikan, Allah mudahkan langkah beliau ke SD kami, berawal karena kenal dengan Bunda Siswi di Grup Komunitas Guru Penulis Bekasi Raya (KGPBR). Kemudian beliau bertanya pada semua siswa, apakah profesi orang buta disekitar kita? Ada yang. Menjawab tukang urut, tukang minta minta, tukang kerupuk..Mas Rama bertanya adakah yang jadi Hafidz Qur'an, adaa.. Penyanyi, adaaa..antusias. anak2 menjawab. Mas Rama. Melanjutkan  Ternyata Allah berikan kesempatan kepada kak Rama yang buta ini,untuk berkarya seperti layaknya orang yang fisiknya sempurna, kemudian beliau bertanya kembali apakah orang buta bisa pakai laptop? bisaaaa.. diberikan jawaban pilihan: 
a. pakai dukun.
b. Pakai hati.
c. Pakai perasaan.
d. Makan hati.
Mereka berebutan menjawab, dan mas Rama berkata, semua salah, karena yang benar adalah e. Pakai suara kemudian langsung di praktekkan laptopnya di nyalakan, dibuka programnya, dan hurufnya dibesarkan. Mas Rama kemudian bertanya.. Siapakah yang ingin sukses,semua tunjuk tangan.. siapakah yang ingin sukses sekarang dan akan datang, semua bilang sayaaa. Mulai sekarang anak2 rajinlah mensyukuri nikmat Allah, dengan kondisi fisik yang sempurna.. Beliau sempat bertanya.. Apakah bunda Siswi kemarin saat mati lampu panik, siswa yang duduk bagian depan menjawab iya, yang pasti semua sibuk cari lilin, apakah anak2 bisa membaca tanpa ada lampu?? Alhamdulillah ..itu yang mas Rama rasakan sejak lahir, tidak bisa melihat.Tapi mas Rama tidak merasa sedih, bahagia kan?? Resepnya, berterima kasih kepada Allah, senantiasa bersyukur..Ya Allah, wajahku jelek,tapi senyumku ikhlas.
 Ya Allah aku tidak pintar, tapi rajin beribadah. 
Kak aku terlalu kurus,tidak apa kalau ada maling, larinya cepat.

 Kemudian mas Rama memutarkan video orang tanpa tangan dan kaki, tapi terlihat gembira dan semangat menjalani hidup. Akhirnya diputarkan lagu sedih, sambil berkata Ayo anak2 kita berdoa, tapi dengan syarat tutup mata, dan mas Rama sambil cerita ya. Pada hitungan ke 3,nanti kalian tutup mata nya. Mulai menghitung 1..2..3.. Terima kasih buat anak anak yang sudah bersedia tutup mata dan tidak bersuara. Kemudian mas Rama berkata, Bayangkan tentang mas Rama,  Ya Allah, mengapa Engkau membiarkan aku buta, tidak melihat sejak lahir?
Apakah aku bisa melihat alam semesta?
Apakah aku bisa melihat papan tulis?
Apakah aku bisa melihat bunda Siswi?
Aku bersyukur karena dengan mataku ini, aku tidak mendapatkan hukuman saat di Akhirat kelak, karena tiada dosa yang ku perbuat dengan mataku ini.

Coba bayang kan, saat sedang bercanda tiba tiba mata kalian buta, tidak melihat. 
Mulai sekarang kalian tidak bisa melihat ummi, abi lagi,  
mulai sekarang gak bisa naik sepeda, main game, baca buku, baca Qur'an, membaca papan tulis.

 Allah berfirman Barang siapa hamba Ku yang tidak pandai bersyukur, niscaya azab Ku sangat pedih
Mas Rama lanjut bertanya,  siapakah yang.masih malas belajar,  padahal Allah sudah memberi kalian matad untuk melihat. 
Cara bersyukur,  belajar dengan baik, ngajinya. Makin rajin, Sholatnya makin baik. 
Coba bayangkan, jika bukan hanya mata yang tidak melihat, tapi kalian tak punya tangan dan kaki, karena kalau Allah mau Kun Fayakun gak enak jadi orang buta seperti mas Rama.  Terlihat banyak anak2 yang menangis, menitikkan air mata,  sedih, haru, membayangkan diri jika diberi fisik tak sempurna, sekarang buka mata  kalian, sambil bilang Hamdallah. 
Semoga yang menangis, jadi orang sukses,  semoga pula yang tidak menangis pun kelak menjadi orang sukses, dijawab serempak Aamiiiiiin. 
Terakhir Mas Rama, mengeluarkan seruling dari Irlandia, dan mulai ditiup, diiringi musik saat beliau menjadi bintang tamu di Acara Kick Andi. Subhanallah begitu mempesona, membuat hadirin terpana dan ter kagum kagum melihat seorang Ramaditya Adikara, sosok Tunanetra hebat dan luarbiasa karena memiliki banyak kelebihan, dapat memotivasi dan menginspirasi kami yang sempurna. Di sela kegiatan tersebut semua yang hadir riuh rendah bertepuk tangan tiada henti,  menjelang lagu berakhir, mas Rama mendoakan kami:
1.Semoga siswa siswi SDN Mekarwangi 01, di masa depan nya mewakili Indonesia, menjadi sukses.. Aamiin.

2.Semoga bapak dan ibu guru, InsyaAllah diberikan kekuatan untuk mengantar anak muridnya menjadi orang yang sukses.. Aamiin.
Kemudian mas Rama membungkuk memberi hormat pada semua hadirin, dan terlihat semua begitu bahagia dengan kehadiran mas Ramaditya.. 
Ruangan terasa ramai dengan tepuk tangan hadirin yang terus menerus, sorak sorai, gegap gempita.. 
Akhirnya mas Rama pamit undur diri dari kelas tempat beliau memberikan motivasi.. Semua siswa bernyanyi lagu terima kasih. Akupun mengiringi beliau menuju kantor guru. Setelah mencicipi snack dan minum, sambil berbincang tentang pengalamannya,.mas Rama izin ganti baju kembali. Sambill menunggu ku siapkan peralatanya Laptop, seruling, pedang Irlandia.setelah selesai mas Rama memasukkan kostum star wars, beserta perlengkapan lainnya ke tas besarnya, dan mohon diri.. Ku pesankan Ojek Online ,tak lama kemudian datang, namun pada saat kami menghampiri,terlihat Ojek tersebut keberatan membawa mas Rama dengan alasan beliau buta, akhirnya tukang ojek On Line tersebut membatalkan orderku secara sepihak.. Mas Rama bilang, dengar ya pak, saya ini pergi Ke luar negeri,  ke luar jawa, biasa sendiri. Saya ini. Kan bayar, jika saya lapor ke Kantor Pusat,  bapak akan kena sangsi lho. 
Mas Rama bilang bahwa banyak orang yang memperlakukannya seperti itu, diremehkan, di hina.. Ya Robb..

Inisiatif kami, segera memesankan Grab Car melalui HPku, Alhamdulillah cepat dapat dan datang mobilnya. Kubuka pintu mobil tersebut, sambil ku letakkan barang bawaan mas Rama, ditambah Parcel buah dari kami. Setelah kutitipkan pada supir, sembari kubayar ongkosnya..

 Alhamdulillah Selamat sampai rumah ya untuk terus melanjutkan tugasnya menjadi fasilitator d ruang guru. Com. Tetap Semangaat bahagia dan sukses selalu.. Aamiin 

********
Penulis bersahabat baik dengan sang Motivator Tunanetra yang ber profesi sebagai 
-Trainer Motivator
-dosen luarbiasa beberapa Kampus. 
-Penulis 8 buku 
-Fasilitator di Ruang Guru. Com.
Cc. 
Diceritakan sebagai rasa bangga bersahabat dengan sosok yang sangat Luar biasa dan Inspiratif, dibalik keterbatasan fisiknya. 
Jati Mulya,
27 Agustus 2019, 
05.10 WIB

Post a Comment

0 Comments