Catatan budaya: Hegemoni budaya


Oleh: Didik Akhmadi

(Pengamat Budaya & Pilitik)

Secara ilmiah, ada teori dan berbagai kajian terkait dengan hegemoni budaya.

Harainindonesiapost.com Hegemoni budaya didefinisikan sebagai berikut:  
"cultural hegemony is the domination of a culturally diverse society by the ruling class who manipulate the culture of that society—the beliefs, explanations, perceptions, values, and mores—so that their imposed, ruling-class worldview becomes the accepted cultural norm; the universally valid dominant ideology, which justifies the social, political, and economic status quo as natural and inevitable, perpetual and beneficial for everyone, rather than as artificial social constructs that benefit only the ruling class."

Kira kira hegemoni budaya itu adalah sebentuk dominasi budaya dari para penguasa yang bisa memanipulasi budaya masyarakat dalam bentuk keyakinan, tafsir penjelasan, nilai nilai dan yang lainnya sehingga para penguasa bisa memaksakan cara pandang mereka untuk  dijadikan norma budaya yang diterima.

Hegemoni atau dominasi budaya tersebut bisa terjadi  pada lingkup kemasyarakatan yang terbatas pada level lokal, regional dan nasional. Dan, ketika kita berada di era globalisasi yang ditandai dengan  perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat, kita sebagai masyarakat yang mendunia pun bisa mengalami hegemoni budaya.

Bagaimana kita bisa mengetahui terjadinya hegemoni budaya yang terjadi saat ini? Kita bisa mengetahuinya lewat indikator yang bisa ditemui dengan mudah.

Bila seni musik yang dijadikan sebagai proxi, maka anak anak muda di dunia ini dan termasuk anak anak muda di kita bisa menggemari dan mendendangkan lagu lagu yang sama. 50 top hit songs 2018 dunia menjadi 50 top hit songs 2018 di kita juga. 

Ambil saja salah satu lagu sebagai contohnya. Lagu "Perfect"-nya Ed Sheeran ditonton oleh 1,6 milyar pemirsa YouTube. Keterpopuleran lagu itu didukung oleh channel YouTube "Ed Sheeran" dengan jumlah subscriber sebanyak 35.574.216. Sangat bisa dibayangkan betapa banyak penggemar lagu Ed Sheeran di dunia; dan mungkin juga anak anak muda di sekitar kita.  Tak bisa disangkal anak anak di sekeliling kita pun sangat hafal dengan judul lagu tersebut.

Post a Comment

0 Comments