About Me


Subari: Pedagang Grabah Nan Ulet


Laporan : Zainul Muttaqin Sa'i Chalimah Novelya Ar. 


Harianindonesiapost.com PANGGIL saja Bpk Subari Bakol grabah tanah liat keliling, 70 thn, asal Desa Gedangan Kecamatan Maduran Kabupupaten Lamongan. 
    Adapun yang di jual Bapak Subari berupa, Wajan dari tanah liat, Cuwek dari tanah liat, Kendil dari tanah liat. 
   Bapak Subari ini mempunyai Istri bernama Maiyah, 65 thn, dan di karuniai anak hanya satu wanita bernama Faizatun, 40 tahun dari pernikahannya Bapak Subari bersama Ibu Maiyah. 
   Bapak Subari yang sudah tua, sebenarnya sudah masanya beristirahat bekerja atau pensiun. Akan tetapi jiwanya seperti muda semangat tetap membara. Dari pasar ke pasar antar desa beliau kais demi sesuap nasi. Tidur malamnya menumpang di pos jaga (gardu) serta serambi rumah yang di pinggir jalan.
   Sedang pasar-pasar yang menjadi incaran Bapak Subari dengan kaki tuanya yang lincah. Pasar Sedayu, Pasar Labuhan, Pasar Brengkok, Pasar Cakaran, Pasar Logong, Pasar Karanglor, Pasar Pliwetan, Pasar Cumpleng, Pasar Ngesong, dan Pasar Leran, sepuluh pasar yang di singgahi Bapak Subari. Semua pasar ditempuhnya dengan jalan kaki. 
   Sedikit wawancara kami, dengan Bapak Subari (27/06) saat beliau istirahat dan bermalam di rumahku (bancik istilah jawa). Dan grobak grabahnya yang berisikan alat Emak-emak seperti Wajan tanah liat, Cuwek tanah liat, Kendil tanah liat, sedang di parkir depan bancikku. 
   " Kami bertanya, berapa penghasilan Bpk perhari menjual barang-barang ini. Bapak Subari menjawab kalau perhari penghasilan kotor mendapat antara 100 ribu rupiah sampai 250.000 dua ratus lima puluh ribu rupiah ", katanya. 
  " Dan obsesi Bapak apa setua ini (mohon ma'af)  kok masih semangat berjualan keliling dari desa ke desa dan sangat jauh sekali tiada malas. Bapak Subari menjelaskan di sertai senyuman yang ceria, demi Anak, Istri dan Cucu ", penegasan beliau. 
   Luar biasa kisah Bapak Subari Bakol grabah tanah liat keliling. Dan bisa kita jadikan contoh keteladanan Seorang Kakek yang ulet, ikhlas berkasih sayang demi keluarga tercinta (misbah,ed)

Post a Comment

0 Comments