About Me


Juragan Antek

"Jeragan Antek"

Oleh: Sudono S. Madpuri

(Alumni Ponpes YTP, Kertosono dan UGM, Yogyakarta)


Harianindonesiapost.com Di komunitas nelayan Pantura Lamongan, Tuban dan Gresik ada istilah yang sangat familier di telinga para nelayan, yaitu Jeragan Antek. Jeragan Antek adalah orang orang yang memiliki keahlian khusus dalam mengoperasionalkan Perahu Nelayan milik orang lain untuk menangkap ikan di laut baik dalam bentuk NENJARING, MEMANCING, MEMBABDIL maupun MENGIRIT/MENGERET.   
   Pemilik Prahunya itu lebih dikenal dengan  JERAGAN ata JURAGAN. Mereka melakukan kerjasama saling menguntungkan dengan pemilik Prahu Nelayan tersebut. Jeragan Antik, karena jeahliannya, biasanya mereka mendapat bagian lebih banyak dari awak Prahu Nelayan yang lain karena tanggung jawabnya lebih besar serta profesional.
   Jadi kerjasama antara Jeragan Pemilik Prahu Nelayan dengan Jeragan Antek ini berdasarkan Profedionalitas dan saling menguntungkan, bukan saling menindas dan memperbudak.
   Pengertian Antek dalam kata Jeragan Antek di sini berbeda dengan pengertian Antek menurut leksikon/kamus dan juga menurut Politik serta sosiologis perkotaan.
   Definisi 'antek' menurut kamus Bl adalah satu orang atau satu negara yang diperalat atau dijadikan pengikut orang atau negara lain. Bisa juga diartikan sebagai  Kaki Tangan atau juga  Budak
   Dalam politik dikenal ada istilah antek partai X, yaitu orang-orang yang diperalat oleh partai X untuk mencapai tujuan politik partai itu sendiri. 
  Antek Asing, yaitu orang orang yang diperalat orang orang Asing untuk mencapai tujuan Asing itu sendiri.
   Demikian juga antek Penjajah, adalah orang orang lain, bisa imigra ata pribumi, yang diperalat Penjajah untuk kepentingan Penjajah itu sendiri baik Politik maupun Ekonomi.

Antek dalam bahasa lnggris disebut Henchmen

Antek menurut Wikipedia, adalah karyawan yang loyal pada atasan, pendukung, atau pembantu beberapa tokoh kuat yang terlibat dalam perusahaan jahat atau kriminal. Seorang Antek biasanya dianggap relatif tidak penting dalam posisi organisasi, seorang antek, yang nilainya terutama terletak pada kesetiaan,  keberadaan mereka  tidak perlu dipertanyakan kepada pemimpin mereka. Istilah antek sering digunakan untuk mengejek (bahkan melucu) untuk merujuk pada individu dengan status rendah yang tidak memiliki standard moral sendiri.

istilah antek awalnya mengacu pada orang yang membawakan kuda untuk majikannya, ketika jadi pengantin kuda. Oleh karena itu, seperti polisi dan marshal, juga staf yang awalnya mengabdi, antek (hechmen), menjadi gelar pejabat bawahan di pengadilan kerajaan atau rumah tangga bangsawan.

Etimologi Antek

Pertama kali kata  Antek, asih menurut Wikipedia,  tercatat dalam bahasa Inggris sejak 1360, berasal dari bahasa Inggris Kuno, yang berarti "horse/kuda", terutama kuda serumpun (horse groom) yang juga muncul dalam banyak bahasa Jerman, seperti Old Frisian, Danish hingst, dalam bahasa German. Hengst dalam bahasa Belanda dan Afrikaans hings [hs]. 
Kata itu muncul atas nama Hengest, kepala suku Saxon, dan masih bertahan dalam bahasa Inggris untuk nama tempat dan nama-nama lain,  dimulai dengan Hingst- atau Hinx-. Itu sering diterjemahkan sebagai Henxman dalam bahasa Inggris abad pertengahan.

Antek muda (young Henchmen), sebenarnya julukan kehormatan untuk pengiring berkuda atau orang yang berjalan di sisi tuan mereka dalam prosesi dan sejenisnya, dan muncul di rumah tangga kerajaan Inggris dari abad ke-14 sampai zaman Tudor Ratu Elizabeth I menghapus antek kerajaan, yang dikenal juga sebagai anak-anak kehormatan.

Kata itu (henchmen);telah usang dan tidak dipakai lagi  dalam bahasa Inggris dari pertengahan abad ke-17, tetapi dipertahankan di Skotlandia sebagai "pelayan pribadi seorang kepala suku Highland". Istilah Henchmen/ Antek  dihidupkan kembali dalam bahasa Inggris melalui novelis Sir Walter Scott, yang mengambil kata dan turunannya, menurut Kamus Bahasa Inggris Baru, dari Edward Burt's Letters dari seorang Gentleman di Skotlandia Utara, bersama dengan derivasi salahnya dari haunch. Kata itu, dalam pengertian ini, identik dengan Gillie, pengikut pribadi yang setia dari kepala suku Highland, orang yang berdiri di dekat tuannya, siap menghadapi keadaan darurat apa pun.

pengertian modern tentang Antek, "pengikut yang taat yang  bermoral rendah" pertama kali dicatat pada tahun 1839, mungkin didasarkan pada kesalahpahaman dari kata yang digunakan oleh bangsa Scott, dan sering digunakan untuk menggambarkan pengikut atau partisan yang keluar masuk dakam kelompok, siap untuk melakukan apa saja .

Contoh modern

Ungkapan antek juga digunakan sebagai penghinaan untuk segala jenis dalang politik, kerusuhan dan sabotase atau untuk menghadirkan orang lain seperti itu. Kata Antek juga digunakan untuk rekanan Presiden George W. Bush,  misalnya, Oleh Presiden Venezuela Hugo Ch├ívez.  Demikian juga, hal itu digunakan untuk melawan rekanan mantan Presiden AS Bill Clinton.  Ribka Brooks digambarkan sebagai antek Rupert Murdoch.

anggota SS, atau staf Adolf Hitler, sering disebut "Hitler's Henchmen" (Anteknya Hitler),  frasa yang digunakan sebagai judul buku oleh Guido Knopp dan film dokumenter televisi.

Post a Comment

0 Comments