About Me


GERAKAN TUTUP MULUT SURABAYA


Oleh: Nikmah Sagran 

Harianindonesiapost.com Pada hari ini Ahad 16 Juni 2019, Diadakan Giat Gerakan Tutup Mulut oleh mereka yang menamakan dirinya Forum Rakyat Adil Dan Jujur. Giat ini dilakukan dengan cara jalan sehat bersama di CFD Taman Bungkul Surabaya. 

Diaksi ini peserta tidak bicara apa pun juga tanpa tulisan/spanduk/poster apapun, selain menggunakan masker bertanda silang merah dibagian mulut.

Maksud gerakan ini adalah untuk menunjukkan kondisi saat ini dimana rakyat harus dibungkam jika berkata kebenaran demi menuntut keadilan di negri ini. 
Kondisi ketika rakyat yang berbicara kebenaran bukan saja tidak didengar, akan tetapi juga harus diteror dengan tuduhan Makar.   

Tanda silang merah menunjukkan simbol bahwa ada yang salah saat ini di negri ini. 

Dan silang merah yang diletakkan di mulut, juga sebagai simbol keadaan rakyat yang hendak dibungkam paksa jika berkata tentang kebenaran.  

Karena itu aksi ini mengadakan gerakan tutup mulut, sebagai pernyataan sikap bahwa kini rakyat tidak lagi ingin bicara pada mereka,  rezim dan aparat pendukung kecurangan dan ketidak adilan itu, cukup bicara dan mengadu pada Allah saja semata. 

Aksi Diam ini tidak butuh ijin atau pemberitahuan pada polres setempat, karena diaksi ini peserta tidak melakukan orasi apapun, juga tidak membawa spanduk atau poster apapun. 
Hanya menggunakan masker bertanda silang merah dan membisu.

Ini sekaligus sebagai solusi bagi mereka2 yang ingin bergerak dan berjuang membela keadilan serta menolak kecurangan, tapi khawatir dengan adanya tekanan2 yang terjadi saat ini.
Dengan model gerakan seperti ini, tidak lagi ada alasan untuk ditahan atas tuduhan makar.

Giat gerakan tutup mulut hari ini boleh dibilang lumayan sukses untuk menarik perhatian dan membuat orang jadi bertanya2. Banyak peserta CFD yang berhenti untuk memperhatikan dan mengambil foto2 kelompok bermasker tanda silang merah ini. 

Ada juga yang penasaran, lalu datang menghampiri mereka dan bertanya2 ..ini aksi apa , kok gak pake tulisan ? Tapi mereka hanya menjawab dengan menunjukkan tanda silang di masker nya.
😃😃

Kalau diperhatikan,  stand foto Jaga surabaya yang berada persis diseberang kelompok ini kalah dalam menarik perhatian masyarakat dibanding aksi bersama orang2 yang berdiri diam dengan masker bersilang merah di bagian mulut.

Jadi tema dari Giat mereka hari ini adalah #ketika mulut2 yang berkata kebenaran dibungkam!!

Silahkan melakukan gerakan serupa ini dimana saja, pada situasi kapan saja.
Tidak pernah ada kata berhenti untuk berjuang‼️

#SalamAdilDanJujur

Post a Comment

0 Comments